Download Islamic Files – IT and General Tips

Zaman Pra Aksara dan Pembagiannya

Marilah kita mengenal lebih dekat sejarah dari keberadaan kita sebagai manusia dengan memahami mengenai zaman pra aksara. Bagi anda yang belum pernah mendengar istilah ini, mungkin anda lebih familiar dengan istilah lainnya, yaitu zaman prasejarah atau pre history dalam bahasa Inggrisnya. Manusia sudah ada di masa itu dan mereka yang hidup di zaman itu disebut sebagai manusia purba. Pra aksara berasal dari dua kata pra dan aksara. Pra memiliki arti sebelum, sedangkan aksara berarti tulisan. Oleh karena itu, pra aksara berarti masa sebelum adanya tulisan. Bagaimana kita bisa memahami masa di mana belum ada tulisan untuk memberitahukan kepada kita apa yang terjadi? Jawabannya adalah dari berbagai peninggalannya seperti fosil ataupun artifak. Memang tidak mudah mendapatkan artifak ataupun fosil dan mengartikan berbagai benda tersebut untuk menggambarkan kehidupan di masanya. Namun dari berbagai peninggalan tersebut, kita sudah bisa melakukan berbagai kategori:

Berdasarkan Perkembangan Alam di Bumi

a.  Archaikum/ Azoikum

Zaman Archaikum/ Azoikum diperkirakan terjadi 2500 juta tahun yang lalu atau jauh sebelum masehi. Saat itu diperkirakan oleh para peniliti, bumi masihlah merupakan bola gas yang sangat panas sehingga belum terdapat kehidupan di atasnya .

b.  Palaezoikum (zaman primer)

Masa ini terjadi sekitar 340 juta tahun yang lalu. Saat itu peneliti mempercayai bahwa suhu panas bumi akhirnya mulai menurun, namun demikian iklim di bumi belumlah stabil. Curah hujan saat itu sangat tinggi sehingga banyak sekali daerah rawa yang terbentuk. Karena masih belum stabilnya iklim, walaupun kehidupan di bumi sudah mulai, namun demikian belumlah memiliki keragaman yang tinggi. Beberapa kehidupan yang ada di jaman tersebut adalah binatan bersel satu, ikan laut, reptile, amfibi, lumut dsb. Palaezoikum disebut dengan zaman primer karena menjadi titik awal kehidupan di bumi walaupun masih sangat minim.

c.  Mesozoikum (zaman sekunder)

Masa ini adalah kelanjutan dari masa primer. Di masa yang diperkirakan terjadi140 juta tahun lalu ini, suhu bumi sudah semakin stabil dan dingin. Inilah mengapa hewan-hewan besar mulai bermunculan. Namun jangan membayangkan hewan besar seperti gajah ataupun kuda nil karena hewan besar yang ada di masa tersebut merupakan hewan yang berlipat kali lebih besar daripada gajah. Hewan besar masa itu terdiri dari dinosaurus, tiranosaurus, atlantosaurus, berbagai jenis burung dan juga berbagai jenis tumbuhan besar yang kerap menjadi santapan para dinosaurus.

d.  Neozoikum

Zaman Neozoikum dibagi menjadi dua, yaitu zaman Neozoikum Tertier dimana berbagai binatang besar mulai punah dan mulai bermunculanlah berbagai jenis mamalia dan primata. Dilanjutkan dengan zaman Neozoikum Kwarter dimana manusia purba mulai ada.

Berdasarkan Peralatan dan Teknologi yang Digunakan

a.  Zaman Batu Tua (Palaeolithikum)

Zaman ini disebut dengan zaman batu karena pada masa ini kebanyakan peralatan manusia dibuat dari batu. Di Zaman batu tua banyak ditemukan peralatan dari batu, kayu, tulang dan lain-lain namun masih belum diasah dengan halus dan cenderung masih apa adanya seperti yang telah disediakan di alam. Berbagai peralatan yang dipergunakan adalah kapak genggam dari batu dan kayu, kapak perimbas, kapak penetak, alat serpih, dan mata panah. Karena manusia purba di masa ini belum membentuk peralatannya dengan cara mengasah, maka mereka cenderung mencari berbagai batu yang bentuknya sesuai dengan kebutuhan mereka.

b.  Zaman Batu Tengah/ Batu Madya (Meoilithikum)

Di Zaman Batu Tengah ini, kebanyakan peralatan sudah mulai melalui proses pengasahan walaupun belum halus. Di zaman ini, manusia purba telah menemukan teknologi yang dapat mereka gunakan agar peralatan mereka bisa berfungsi lebih maksimal. Namun demikian, cara mereka melakukan pengasahan masihlah sangat sederhana dan memakan waktu yang sangat lama. Alat yang mereka hasilkan sudah sedikit berbeda dengan di Zaman Batu Tua, perbedaan itu berasal dari pengembangan peralatan. Kapak yang dipergunakan sudah berubah menjadi kapak Sumatralit atau yang disebut juga dengan istilah Bahasa Inggris Fable, mata panah yang diruncingkan serta alat serpih yang dapat digunakan untuk meruncingkan dan mengasah batu.

c.  Zaman Batu Baru

Manusia purba telah berhasil menghasah dan menghaluskan berbagai peralatannya sehinga menghasilkan kapak lonjing, gerabah dsb.

d.  Megalithikum

Artikel Yang Terkait Lainnya :

 

Tags : zaman praaksara, azoikum ;sebelum hewan, pengertian pra aksara beserta peninggalannya, pengertian zaman azoikum, pengertian zaman batu dan pembagiannya Posted on 07-May-2013 in Tips Umum (Non-IT)
Download File Islami
RSS Tanya Jawab Islam
Kategori Artikel
Artikel Umum
Our Network
Beli Herbal Nabawi