Download Islamic Files – IT and General Tips

Pengertian Gerak Pada Tumbuhan

Gerakan pada tumbuhan yang mana ini di jelaskan di pelajaran biologi dasar. Adapaun penjelasan dalam gerak pada tumbuhan itu berbeda sekali dengan yang lainnya karena gerak pada tumbuhan itu tidak berpindah akan tetapi hanya pergerakan pada bagian tertentu saja seperti: unas, ujung akar dan daun. Begitu pula dengan gerak pada tumbuhan itu biasanya sangat lambat dan oleh karena itu kita menelitinya dengan sangat teliti. Terbagi beberapa bagian gerak pada tumbuhan yaitu gerak endonom, esionom dan higroskopis.

Gerak endonom: gerak yang di sebabkan tumbuhan tersebut.

Gerak esonom: gerak yang di sebabkan adanya rangsangan dari luar.

Gerak hogroskopis: gerak yang di sebabkan kadar air secara terus menerus pada tumbuhan.

Gerak pada tumbuhan umumnya pergerakan nya sangat lamban dan sangat berbeda sekali dengan pergerakan yang lainnya. apakah anda dapat memberikan contoh tumbuhan yang bergerak? Pada umumnya gerak pada tumbuhan itu dapat di bedakan dengan pengaruh oleh datangnya rangsang dan gerak pergerakan yang tidak di pengaruhi oleh arah dantangnya rangsanagan seperti (gerak nasti). Suatu gerak pada tumbuhan yang di pengarruhi oleh datangnya rangsangan terdiri atas gerak sleuruh tubuh atau biasa di sebut dengan gerak taktis dan gerak tubuh atau biasa di sebut dengan gerak tropisme.

Taksis, Tropisme, Nasti

Di sini kita akan menjelaskan tentnag taksis, tropisme dan juga nasti.

1. gerak taksis

Gerak ini merupakan gerak seluruh tubuh pada tumbuhan dengan menjauhi atau mendekati sumber rangsangan yang ada. gerak taksis biasanya terjadi pada suatu tumbuhan yang tingkat rendah itu di karenakan tidak menempelnya pada tempat tertentu. jenis gerak seperti ini biasanya di namai berdasarkan jenis rangsangannya. Contohnya pada nama foto taksis itu di karenakan rangsangan berupa cahaya dan kemotaksis dan jika rangsangannya berupa bahan kimia. gerak taksis yang terjadi karena mendekati suatu rangsangan itu biasa juga di sebut gerak taksis positif. Adapun sebaliknya jika gerak taksis terjadi karena menjauhi suatu rangsangan itu biasanya di sebut gerak taksis negatif.

2. Gerak tropisme

Gerak tropisme ini adalah gerak hanya sebagian gerak tubuh tumbuhan. itu juga baik mendekati ataupun menjauhi suatu rangsangan yang menghampirinya. ada beberapa bagian untuk gerak tropisme pada tumbuhan ini. berdasarkan jenis rangsangannya maka terbagi beberapa golongan yaitu fototropisme, hidropotisme dan geotropisme. ada pun yang di maksud dengan fototropisme yaitu gerak yang di bebakan karena adanya pengaruh dari cahaya. sedangkan hidrotropisme merupakan gerak yang di sebabkan karena rangsangan air, dan yang terakhir geotropisme karena disebabkan berupa gravitasi bumi. adapun dengan jenisnya gerak tropisme ini menjadi dua yaitu gerak karena mendekati suatu rangsangan maka di sebut dengan tropisme negatif. sedangkan gerak tropisme yang di sebabkan
menjauhi suatu rangsangan maka disebut tropisme negatis.

3. Gerak tropisme

Ini penjelasan yang tentang bagian yang terakhir tentang gerak taksis dan gerak tropisme arah geraknya yang di pengaruhi oleh arah datangnya suatu rangsangan. Sebenarnya gerak nasti adalah gerak bagian tumbuhan yang arahnya tidak di pengaruhi oleh suatu rangsangan yang datang. Akan tetapi geraknya itu di tentukan oleh tumbuhan itu sendiri contohnya seperti gerak nasti fotonasti, termonasti dan seismonasti.

Selanjutnya, seimonasti adalah gerakn yang di sebabkan berupa sentuhan atau getaran. contohnya seperti gerak daun putri malu yang ketika di sentuh langsung bergerak. dan fotonasti adalah gerak nasti yang mana penyebabnya adalah di sebabkan oleh rangsangan yang datang adapun contohnya adalah pada kembang sepatu dan yang terakhir adalah gerak nasti termonasti yang merupakan gerak nasti yang di sebabkan oleh rangsangan suhu.

Artikel Yang Terkait Lainnya :

 

Tags : pengertian gerak pada tumbuhan, gerak taksis berbeda dengan gerak lainnya karena, jelaskan pengertian gerak pada tumbuhan, jelaskan gerak pada tumbuhan, pengertian gerak endonom Posted on 03-May-2013 in Tips Umum (Non-IT)
Download File Islami
RSS Tanya Jawab Islam
Kategori Artikel
Artikel Umum
Our Network
Beli Herbal Nabawi