Download Islamic Files – IT and General Tips

Pengertian Bentuk Muka Bumi

Permukaan bumi itu bervariasi antara satu daerah engan daerah yang lainnya. Ada juga daerah yang menjulang tinngi seperti pegunungandataran tinggi, lembah, danau dan sungai. Bumi yang kita cintai ini memiliki struktur bentuk muka bumi. Sebagai contoh saja di daratan bentuknya saja memiliki berbagai macam bentuk contohnya ada gurun, pegunungan, gunung, sungai, hutan dan masih banyak lagi yang lainnya. suatu kenampakan pada muka bumi memiliki keanekaragaman dan suatu waktu akan berubah karena terjadinya pergeseran dan lain sebagainya.

Karena hal ini struktur bumi memiliki tenaga endogen maupun luar bumi yaitu eksogen yang mana keduanya terus akan ada. Lalu apakah yang di maksud dengan bentuk bumi itu sendiri? Cara mendefiniskan bentuk muka bumi akan lebih mudah apabila kita melihat langsung kenampakan bentuk muka bumi itu sendiri sebagai contoh kita akan mendefinisikan bentuk muka bumi sebagai kenampakan alam atau permukaan bumi yang kita lihat dengan mata kita sendiri dan melihatnya secara langsung maka itulah yang di maksud bentuk permukaan bumi.

Suatu permukaan bumi akan selalu mengalami perubahan yang mana perubahan itu di akibatkan oleh geormofolgi. ini adalah suatu proses endogen dan proses eksogen maupun ekstraterestrial. Proses endogen dan proses eksogen akan terus menyertainya. berikut ini adalah penjelsan itu semua dengan apa yg di maksud endrogen, eksogen dan ekstraterestrial.

Beberapa Jenis Tenaga Muka Bumi

1. Tenaga Endrogen

yaitu merupakan tenaga yang berasal dari dalam bumi yang mana itu akan membentuk konfigurasi permukaan bumi. endogen ini sifatnya menjadikan entuk permukaan bumi menjadi tidak rata. Tenaga endogen akan sering menekan di sekitar lapisan lapisan batuan pembentuk kulit bumi atau yang biasa kita sebut litosfer. Mungkin saja suatu ada suatu daerah yang dulunya rata dan beberapa tahun kemudian terjadi adanya tenaga endrogen maka akan menjadi tidak rata lagi bisa saja berubah menjadi gunung atau pegunungan. pada bagian yang lainnya bumi akan turun dan menjadikannya lembah atau jurang. Tenaga yang seperti ini dapat berupa diastropisme, volkanisme dan gempa.

2. Tenaga Eksogen

Proses tenaga eksogen ini berlangsung pada permukaan bumi yang mana tenaganya berasal dari luar kulit bumi. tenaga ini juga yang mana bekerja meliputi semua komponen atau medium alami yang akan mampu mengikis dan mengangkut material permukaan bumi. Tenaga dapat juga melapukan fisik, mekanis, organik maupun campuran, gerakan massa batuan, longsor dan lain sebagainya. berdasarkan proses ini maka yang bekerja pada permukaan bumi di kenal dengan proses fluvial, eolian, marin, pelapukan dan gerakan masa batuan dan juga eolian. Akibatnya proses tersebut terjadi dengan proses gradasi yang terdiri atas degradasi dan agradasi. yang di maksud degradasi cenderung menyebabkan penurunan permukaan bumi, sedangkan dengan agradasi akan menyebabkan penaikan permukaan pada bumi. Pada proses degradasi maka akan tercakup proses pelapukanbumi pada, gerak massa batuan dan
erosi dan lain sebagainya.

3. Tenaga Ekstraterestrial

Gerakan ini juga biasa di sebut dengan perpindahannya tanah atau pun batuan yang ada di lereng-lereng yang di sebabkan oleh pengaruh gaya berat atau gravitasi atau kejenuhan air. ini biasanya terjadi pada lereng yang kurang stabil atau labil, yaitu gaya lereng yang mana gaya menariknya lebih kecil dari daya tahannya.sehingga, akan terjadi pergerakan yang kurang bagus dan mengakibatkan longsor dan lain sebagainya.

Menurut para ahli mengatakan bahwa bentuk permuakaan bumi itu terbagi 2 yaitu daratan dan lautan. Yang mana daratan meliputi: Dataran rendah, Dataran tinggi, Gunung, Pegunungan. Dan adapun lautan meliputi: Landasan Benua, Lereng Benua, Deep Sea Plain, The Deeps.

Artikel Yang Terkait Lainnya :

 

Tags : pengertian bentuk muka bumi, pengertian permukaan bumi, pengertian muka bumi, pengertian bentuk permukaan bumi, pengertian bentuk bumi Posted on 02-May-2013 in Tips Umum (Non-IT)
Download File Islami
RSS Tanya Jawab Islam
Kategori Artikel
Artikel Umum
Our Network
Beli Herbal Nabawi