Download Islamic Files – IT and General Tips

Download Contoh Business Plan

# Download contoh business plan

Download Contoh Business Plan – Prolog

Setiap orang pasti memiliki tujuan hidup dan target yang ingin dicapai, baik itu dalam hal pekerjaan, karir, keluarga, ataupun hubungan dengan pasangan. Banyak orang menjalani hidupnya dengan penuh ambisi untuk memenuhi targetnya tersebut tapi bagi sebagian orang ada juga yang menjalani hidup dengan santai dan tidak terlalu mengejar ambisi walaupun pada akhirnya target dan ambisinya tersebut akan tercapai juga dengan sindirinya. Selain itu dalam mencapai tujuan hidupnya banyak yang membuat semacam perencanaan atau to do list dimana catatan perencanaan itu dijadikan checkpoint yang harus dilewati satu per satu. Kebanyakan catatan perencanaan yang dibuat merupakan target untuk pencapaian dalam karir atau pekerjaan, tidak terkecuali para Businessman yang menjalankan bisnisnya dengan penuh perhitungan.

Dalam setiap bisnisnya, para Businessman memiliki target pencapaian yang biasanya dibuat di awal tahun dan akan menjadi acuan dalam berbisnis selama satu tahun, pada akhir tahun biasanya diadakan evaluasi akan target yang sudah dicapai atau mungkin yang belum tercapai semuanya dianalis untuk akhirnya dijadikan acuan kembali untuk membuat perencanaan bisnis pada tahun depannya. Skema tersebut biasanya terus berulang untuk tahun-tahun berikutnya, dimana pengalaman masa lalu akan dijadikan pembelajaran untuk masa depan agar dapat menghasilkan hasil yang lebih sempurna.

Mengenal Apa Itu Business Plan

Sebuah perencanaan bisnis biasanya juga disebut dengan Business Plan (BP). Pada umumnya BP merupakan sebuah tujuan bisnis yang didalamnya mencakup strategi bisnis, pemilihan calon mitra atau klien yang akan diajak bekerja sama, re-organisasi di dalam struktur perusahaan, penempatan tenaga kerja yang baik, strategi manajamen, pembukuan dan manajemen keuangan, strategi marketing atau pemasaran serta pengelolan harian yang semuanya diatur dengan penuh perhitungan dalam segala aspek-aspeknya.

Business Plan juga ditujukan untuk menyampaikan visi dan misi perusahaan yang digunakan untuk menarik investor, klien atau mitra serta untuk menarik minat karyawan baru. Seringkali sebuah perusahaan mengalami collapse karena menemui kebuntuan, serta kesalahan dalam menentukan arah, itu semua mungkin tidak akan terjadi jika perusahaan Anda memiliki BP yang baik. Tapi tentunya untuk membuat BP yang baik tidaklah mudah, terkadang Anda memiliki rencana-rencana yang brilian tetapi karena kesalahan dalam menyusun BP perusahaan Anda akan mengalami kebuntuan juga pada akhirnya.

Karenanya diperlukan kejelian, analisis yang kuat dan tentunya pengalaman dalam membuat sebuah BP, terlebih jika perushaan Anda adalah perusahaan dengan skala besar, tentunya Anda tidak mau sembarang dalam menentukan arah perusahaan Anda bukan. Salah satu solusi terbaik bagi Anda mungkin dengan berkonsultasi dahulu dengan konsultan bisnis yang sudah berpengalaman atau Anda dapat merekrut seorang Business Manager yang memiliki keahlian dan pengalaman dalam membuat BP serta menjalaninya dengan teknik dan strategi manajemen yang baik. Terlepas dari itu jika Anda ingin membuat BP untuk bisnis Anda sendiri, mungkin tips-tips berikut ini dapat membantu Anda dalam membuat BP yang baik.

Dasar Membuat Business Plan Yang Baik

Pada dasarnya terdapat tiga landasan dasar dalam membuat BP yang baik.

Yang pertama adalah konsep bisnis dimana didalamnya terdapat rincian bisnis, struktur serta produk atau jasa yang akan Anda tawarkan.

Yang kedua adalah market atau pasar dimana didalamnya merupakan analisis akan target pasar serta konsumen yang akan dituju, hal ini penting karena sebelumnya diperlukan sebuah riset studi lapangan untuk mencari tahu target pasar atau konsumen mana yang baik dan menguntungkan untuk dijadikan tujuan.

Yang ketiga adalah financial atau keuangan dimana tidak kalah penting Anda harus membuat perencanaan keuangan, pengelolaan pendapatan serta pengeluaran dan juga pembagian aliran dana, hal ini diperlukan seorang akuntan yang baik untuk membantu Anda.

Contoh Business Plan Yang Baik

Untuk lebih jelasnya, bagi Anda yang ingin membuat business plan yang baik, silakan download beberapa contoh business plan berikut ini :

Contoh Format Business Plan

Contoh Business Plan Konveksi

Download Contoh Business Plan – Penutup

Jika Anda telah melakukan langkah-langkah tersebut dengan penuh perhitungan dan analis yang kuat, yang Anda perlukan selanjutnya adalah menjalaninya dengan penuh optimis dan perhitungan, serta teruslah belajar dari pengalaman Anda sendiri.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Selamat membuat Business Plan dan semoga berhasil dengan bisnis Anda.

Artikel Yang Terkait Lainnya :

 

Tags : contoh bisnis plan, bisnis plan, contoh business plan, contoh rencana bisnis, business plan contoh Posted on 18-Jan-2012 in Tips Umum (Non-IT)
Download File Islami
RSS Tanya Jawab Islam
Kategori Artikel
Artikel Umum
Our Network
Beli Herbal Nabawi