Download Islamic Files – IT and General Tips

Definisi Pidato & Contoh Pidato Pendidikan

# Definisi dan download contoh Naskah Pidato Pendidikan

Definisi & Contoh Naskah Pidato Pendidikan – Prolog

Jika sebelumnya terdapat artikel mengenai pidato singkat, maka mari kita perdalam pemahaman kita mengenai pidato. Dimulai dari definisi, tujuan, jenis atau versi, metode, persiapan dan kerangka susunan pidato. Meski tidak terlalu dalam, tapi bahasan kita kali ini lebih detil lagi mengenai pidato. Anda dapat pula memperoleh contoh pidato yang cukup panjang sebagai referensi materi yang akan anda bawakan maupun yang akan dibawakan orang lain tapi anda diminta membuatkan naskah pidato untuk ia bawakan.

Pengertian Pidato

Pidato diartikan sebagai sebuah ucapan dengan mempergunakan urutan yang baik dan guna disampaikan kepada khalayak ramai. Beberapa contohnyaseperti pidato kependidikan, sambutan hari raya,  kenegaraan, orasi untuk meningkatkan semangat, untuk penyambutan sebuah acara dan lain sebagainya. Sebuah pidato dikatakan bagus jika dapat memberikan sebuah kesan dan efek yang baik terhadap audiens yang mendengarkan. Kemampuan pidato orator juga menentukan keberhasilan tujuan pidato itu sendiri. Dan kemampuan yang baik mampu menunjang pencapaian karir yang lebih baik di masa mendatang.

Tujuan Pidato

Pada dasarnya dan secara umum pidato memiliki tujuan seperti tercantum pada poin-poin berikut,

  1. Mempengaruhi khalayak ramai agar dengan secara senang hati mengikuti apa yang kita harapkan dan apa yang kita sampaikan.
  2. Memberikan sebuah pemahaman baru, mengingatkan atau memberikan informasi kepada khalayak ramai
  3. Menyenangkan pihak audiens dengan pidato yang kita bawakan sehingga tercapai kepuasan dan kesenangan audiens terhadap apa yang kita sampaikan.

Jenis, Macam atau Sifat

Didasarkan pada isi, maka terbagi ke dalam kelompok berikut.

  1. Pembukaan. Biasanya lebih dikenal dengan pembukaan, dibawakan oleh pembawa acara saat membuka sebuah acara atau kegiatan
  2. Pengarahan. Biasanya diberikan oleh seseorang yang jabatannya lebih tinggi kepada bawahannya. Tujuan ini sebagaimana tersirat pada namanya adalah untuk mengarahkan khalayak audiens pada suatu tujuan.
  3. Sambutan. Kita lebih mengenalnya sebagai sambutan saja, jarang orang menyadari bahwa sambutan sendiri merupakan bagian dari pidato. Terkadang disampaikan oleh beberapa orang secara bergantian dan dengan waktu yang ditentukan, terkadang hanya dilakukan oleh satu orang saja. Pihak yang memberikan sambutan biasanya adalah pihak (alias perwakilan pihak) yang dianggap penting dalam acara yang dilaksanakan.
  4. Peresmian. Sebagaimana tersirat dari namanya pidato ini dipakai pada  sebuah acara peresmian entah itu gedung atau apapun. Pidato peresmian itu sendiri dibawakan biasanya oleh orang yang dianggap penting dalam acara.
  5. Laporan. Jika anda pernah mengalami saat-saat serah terima jabatan (sertijab) ataupun saat tengah dalam acara di akhir periode kepemimpinan (misal, musyawarah nasional), ada pihak yang memberikan “ceramah” berupa laporan entah itu kegiatan atau yang lainnya. Secara tidak disadari, hal itu adalah pidato laporan. Pihak orator melaporkan sesuatu.
  6. Pertanggungjawaban. Hampir mirip dengan pidato laporan saat sertijab misalnya, pidato pertanggungjawaban ini berisi laporan mengenai pertanggungjawaban pihak orator kepada khalayak audiens.

Metode Pembawaan

Dalam pembawaan sebuah pidato, terdapat beberapa teknik maupun metode yang dipergunakan oleh orator dalam penyampaian “materi”.

  1. Metode penghafalan. Pertama-tama pihak orator ataupun pihak yang bertanggung jawab lainnya mempersiapkan naskah pidato, kemudian pihak orator menghafalkan isi naskah tersebut baru menyampaikannya kepada publik
  2. Metode serta merta. Pihak orator tidak mempersiapkan apapun sebelum memberikan pidato. Bisa dikatakan metode ini adalah metode improvisasi. Orator hanya mengandalkan imu, pengetahuan dan pengalaman yang dimilikinya dalam menyampaikan isi. Teknik ini biasanya dipakai ketika dalam keadaan darurat.
  3. Metode naskah. Orator atau orang yang bertanggung jawab dalam pembuatan naskah mempersiapkan naskah terlebih dahulu. Pihak orator dapat memberikan pidato sesuai dengan naskah yang dibuat karena orator tidak diharuskan untuk menghafalnya. Biasanya dipergunakan di instansi atau layanan resmi.

Persiapan Pidato

Jika anda sedang bersiap memberikan pidato di depan umum, tak ada salahnya anda menyimak persiapan seperti apa yang harus anda lakukan agar tujuan pidato anda dapat tercapai dengan baik.

  1. Pastikan terlebih dahulu wawasan yang dimiliki oleh audiens. Hal ini mengantisipasi kejenuhan yang mungkin timbul jika audiens sudah mengetahui tentang informasi yang kita sampaikan.
  2. Cari tahu jatah waktu yang anda peroleh sehingga anda dapat memanfaatkan dan mengantisipasinya dari awal agar pidato anda selesai dengan tepat waktu tapi tersampaikan dengan baik.
  3. Susun kata-kata yang mudah dicerna
  4. Pastikan anda juga mengetahui jenis acara dan tentukan jenis pidato yang dibutuhkan.
  5. Persiapkan bahan dan perlengkapan yang dibutuhkan.

Kerangka Naskah

  1. Ada baiknya anda memberikan sebuah “gambaran umum” dari isi pidato yang akan anda buat sehingga menggambarkan isi secara keseluruhan.
  2.  Sampaikan isi materi secara sistematis guna mempermudah penyampaiannya.
  3. Pastikan terlebih dahulu tema acara sehingga persiapan penyampaian akan lebih baik dan lebih sesuai.
  4. Berikan penutupan sebagai sebuah rangkuman isi dan sekaligus himbauan serta gambaran tujuan yang diharapkan.

Contoh Naskah Pidato Tema Pendidikan

Di sini, kami akan memberikan dua contoh pidato dengan tema pendidikan yang dapat Anda baca dan Anda modifikasi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Link download naskah pidato tema pendidikan yang pertama :

Click Here to Download Now!

Link download naskah pidato tema pendidikan yang kedua :

Click Here to Download Now!

Definisi dan Contoh Pidato Pendidikan – Penutup

Demikian penjelasan singkat dari kami tentang definisi dan contoh pidato dengan tema pendidikan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Artikel Yang Terkait Lainnya :

 

Tags : contoh pidato tema pendidikan, pidato pendidikan, naskah pidato, pidato tentang pendidikan, contoh pidato pendidikan Posted on 15-Jan-2012 in Tips Umum (Non-IT)
Download File Islami
RSS Tanya Jawab Islam
Kategori Artikel
Artikel Umum
Our Network
Beli Herbal Nabawi