Download Islamic Files – IT and General Tips

Definisi dan Contoh Ekonomi Mikro

# Artikel definisi dan contoh ekonomi mikro

Definisi dan Contoh Ekonomi Mikro – Prolog

Ekonomi adalah salah satu hal yang penting dan mendasar dalam kehidupan sehari-hari. Setiap hari Anda pasti akan melakukan kegiatan ekonomi baik dalam skala besar maupun kecil. Kegiatan bisnis Anda, belanja kebutuhan bulanan, makan sehari-hari, atau sekedar mebeli souvenir untuk teman Anda dapat dikategorikan dalam sebuah kegiatan ekonomi. Pada dasarnya ekonomi adalah sebuah ilmu yang berhubungan dengan aktivitas sosial rumah tangga antara seorang individu dengan individu atau kelompok lainnya.

Kegiatan dasar ekonomi berupa produksi, distribusi dan konsumsi terhadap barang ataupun jasa. Dalam kegiatan ekonomi biasanya juga memiliki pemahaman dasar sebagai kegiatan mencari keuntungan sebesar-besarnya dan kerugian yang sekecil-kecilnya, hal ini juga dikenal sebagai prinsip ekonomi dasar, dimana akan selalu digunakan oleh para pelaku ekonomi dimanapun. Ekonomi juga dapat diartikan sebagai upaya masyarakat atau individu untuk meningkat kualitas hidupnya dengan mempertimbangkan untung dan rugi dalam menjalankannya.

Definisi Ekonomi Makro dan Contohnya

Dalam ilmu ekonomi terdapat dua lingkup yang mendasar, yaitu ekonomi makro dan ekonomi mikro. Ekonomi makro adalah ilmu yang mempelajari ekonomi dalam lingkup yang luas dan secara keseluruhan. Ekonomi makro bersifat umum dan selalu membahas dan menyelesaikan permasalahan secara garis besarnya saja.

Ekonomi makro biasanya membahas permasalahan-permasalahan besar seperti pendapatan nasional, kesempatan kerja dan atau pengangguran, jumlah uang beredar, laju inflasi, pertumbuhan ekonomi, maupun neraca pembayaran internasional. Kebijakan ekonomi makro biasanya dijalankan oleh pemerintah atau sebuah badan yang memiliki lingkup besar, seperti perusahaan yang berskala internasional.

Cakupan Pasar Ekonomi Makro

Definisi Ekonomi Mikro dan Contohnya

Sebaliknya dalam ekonomi mikro Anda akan menemukan lingkup yang lebih kecil dan berdasarkan sudut pandang dari bawah. Studi ini biasanya membahas permasalahan dalam skala kecil seperti menganalisa bagian yang dilakukan oleh unit-unit kecil dari keselurahan kegiatan perekonomian. Dalam pendekatan ekonomi mikro pada umumnya terkait dengan keputusan-keputusan yang diambil oleh pelaku pasar dengan mengacu pada harga pasar.

Barang Dagangan Pasar Ekonomi Mikro

Kegiatan pada ekonomi mikro biasanya mengacu pada lingkup yang lebih kecil seperti perusahaan, rumah tangga atau pada diri sendiri. Contoh mendasar lainnya adalah kegiatan interaksi pada pasar yaitu kegiatan jual beli antara penjual dan pembeli, pada dasarnya pembeli berusaha memuaskan seluruh kebutuhannya dan penjual berusaha mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.

Tujuan Belajar Ekonomi Mikro

Salah satu tujuan ekonomi mikro adalah untuk menganalisa pasar beserta mekanismenya yang membentuk harga pada produk dan jasa. Studi ini juga digunakan untuk menganalisa kegagalan pasar,yaitu situasi dimana ketika pasar gagal dalam memproduksi hasil yang efisien. Beberapa hal yang menyebabkan kegagalan pada pasar diantaranya adalah monopoli atau penyalahgunaan dari kekuasaan pasar, dimana “sebuah” pembeli atau penjual bisa memberi pengaruh signifikan pada harga keseluruhan pasar. Penyalahgunaan kekuasaan pasar atau monopoli bisa ditanggulangi dengan menggunakan undang-undang hukum yang berlaku.

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna

Di dalam pasar ekonomi mikro terdapat istilah pasar persaingan sempurna yaitu pasar yang didalamnya memilki penjual dan pembeli yang sangat banyak dan bersifat homogen. Ciri-ciri pasar persaingan sempurna adalah :

  1. Perusahaan hanya bertindak sebagai pengambil harga
  2. Perusahaan mudah keluar masuk industri
  3. Produk yang dihasilkan semua perusahaan bersifat homogen
  4. Terdapat banyak perusahaan di pasar
  5. Pembeli memiliki pengetahuan yang sempurna mengenai pasar

Ekonomi mikro di Indonesia saat ini belum berjalan dengan maksimal, banyak sekali hambatan-hambatan yang terjadi seperti banyaknya pihak yang memonopoli pasar, seperti halnya pasar tradisional yang kalah dengan jaringan supermarket berskala besar. Ada banyak bentuk kegiatan terkait hal ini, seperti halnya koperasi yang kini keberadaannya semakin meredup. Untuk itu diperlukan upaya dari pemerintah untuk memajukan studi ini dan tentunya juga dari kita semua.

Definisi dan Contoh Ekonomi Mikro – Penutup

Demikian penjelasan singkat mengenai definisi (pengertian) ekonomi mikro dan ekonomi makro. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Artikel Yang Terkait Lainnya :

 

Tags : contoh ekonomi mikro, contoh ekonomi mikro dan makro, contoh ekonomi makro dan mikro, makalah ekonomi mikro, ekonomi mikro Posted on 18-Jan-2012 in Tips Umum (Non-IT)
Download File Islami
RSS Tanya Jawab Islam
Kategori Artikel
Artikel Umum
Our Network
Beli Herbal Nabawi