Download Islamic Files – IT and General Tips

Contoh Visi Misi Organisasi

# Contoh visi misi organisasi

Contoh Visi Misi Organisasi – Prolog

Setiap orang pasti memiliki tujuan dalam hidupnya, seperti lulus sekolah, menikah, membangun karir dan banyak lagi tujuan yang lainnya. Tentunya dalam mencapai tujuan tersebut ada hal-hal yang akan Anda lakukan sebagai usaha mewujudkan tujuan-tujuan tersebut.

Sama seperti halnya kehidupan manusia, di dalam sebuah organisasi terdapat tujuan dasar pula, dimana organisasi itu berjalan, tujuan dasar yang sering dikenal dengan istilah visi dan misi merupakan sebuah landasan dimana organisasi tersebut akan berdiri dan ke arah mana organisasi itu akan berjalan. Visi misi juga dapat berperan penting sebagai pencitraan dari organisasi tersebut. Seseorang akan mengetahui bagaimana karakter dari sebuah organisasi lewat visi dan misinya, sehingga pada akhirnya visi dan misi itulah yang akan menjadi penarik untuk mengundang dan mengajak orang-orang untuk bergabung ke dalam organisasi tersebut.

Definisi / Pengertian Visi Organisasi

Berdasarkan pengertiannya, visi adalah sebuah tujuan, cita-cita atau harapan besar yang ingin dituju dan dicapai oleh sebuah individu maupun organisasi, di dalam sebuah visi hendaknya terdapat sebuah nilai-nilai yang dapat mencitrakan organisasi tersebut, dengan begitu di dalam visi sebuah organisasi tidak hanya merupakan tujuan yang bersifat individual tetapi juga bersifat menguntungkan untuk kepentingan bersama.

Dalam membentuk atau merumuskan sebuah visi dari organisasi diperlukan proses yang panjang karena dalam sebuah organisasi biasanya terdapat beberapa visi yang dibentuk dari keinginan-keinginan atau pendapat para anggotanya. Pendapat-pendapat tersebut dibahas dan dirembukkan bersama sehingga menjadikan suatu bentuk visi yang memiliki kesamaan. Sebaiknya memang dalam pembentukan visi semua anggota dalam organisasi ikut berpendapat dan mengemukakan tujuannya sehingga tidak ada perasaan yang mengganjal antar sesama anggota organisasi tersebut, biasanya memang terdapat beberapa ketidaksamaan dalam merumuskan visi sebuah organisasi, tetapi pada akhirnya hal tersebut bisa ditanggulangi dengan musyawarah, selain itu sebuah organisasi bisa saja memiliki lebih dari satu visi. Hal tersebut bisa dilakukan jika terdapat beberapa visi yang berbeda.

Definisi / Pengertian Misi Organisasi

Jika visi adalah sebuah tujuan akhir, maka misi merupakan tahapan-tahapan yang harus dilalui untuk menuju visi yang diidam-idamkan. Sebuah misi biasanya berupa poin-poin penting yang harus dijalani oleh perusahaan atau organisasi. Tahapan atau poin-poin tersebut adalah sebagai landasan dan sebagai jalur dimana organisasi tersebut berjalan, sehingga dalam perjalanannya sebuah organisasi dapat melewati tahapan-tahapannya dengan baik.

Sebuah misi dapat diposisikan sebagai batasan-batasan agar sebuah organisasi tidak berjalan keluar dari jalurnya dan tidak melenceng dari tujuan atau visinya yang semula. Dalam membuat sebuah misi seperti halnya pada visi seluruh anggota organisasi dapat berunding dengan terlebih dahulu menyampaikan misi masing-masing para anggotanya, tentunya dalam pembentukan misi, sebuah visi akan menjadi patokan penting agar para anggota membuat misi yang sesuai dengan visi oranisasi.

Sebuah organisasi biasanya memiliki beberapa misi yang jumlahnya lebih dari satu. Misi juga berperan penting sebagai karakter sebuah organisasi perusahaan. Jika visi lebih berperan kepada masyarakat atau pihak luar, sebaliknya sebuah misi lebih berperan untuk pihak dalam atau para anggota organisasi tersebut. Dengan adanya misi diharapkan para anggota dapat selalu menjalankan misinya agar dapat mengarahkan organisasi pada visi utama dan memperoleh tujuan akhir di masa mendatang.

Download Contoh Visi Misi Organisasi

Untuk mempermudah Anda dalam melihat bagaimana visi misi organisasi, silakan download beberapa contoh berikut ini :

Download : Klik Pada Link

Contoh Visi Misi Ikatan Apoteker Indonesia :

islam-download.net/…/visi-misi-ikatan-apoteker-indonesia.pdf

Visi Misi Ikatan Apoteker Indonesia

Contoh Visi Misi Departemen Kesehatan :

islam-download.net/…/visi-misi-departemen-kesehatan.pdf

Visi Misi Departemen Kesehatan

Contoh Visi Misi Persatuan Guru :

islam-download.net/…/visi-misi-pgri.pdf

Visi Misi PGRI (Persatuan Guru)

Contoh Visi Misi Organisasi – Penutup

Kesimpulannya dengan adanya visi dan misi diharapkan sebuah perusahaan atau organisasi dapat berjalan baik, karena visi dan misi berperan penting sebagai kerangka dasar sebuah organisasi. Dengan adanya visi dan misi sebuah organisasi dapat menjadi jelas tujuan dan keberadaanya sehingga dapat menampilkan citra dari organisasi tersebut baik di mata masyarakat umum atau pihak luar serta di mata para pegawai, anggota atau pihak luar.

Artikel Yang Terkait Lainnya :

 

Tags : contoh visi dan misi perusahaan, Contoh visi, contoh visi misi, visi dan misi organisasi, contoh visi dan misi organisasi Posted on 18-Jan-2012 in Tips Umum (Non-IT)
Download File Islami
RSS Tanya Jawab Islam
Kategori Artikel
Artikel Umum