Download Islamic Files – IT and General Tips

Contoh Usaha Kecil Sukses

# Contoh Usaha Kecil Sukses

Contoh Usaha Kecil Sukses – Prolog

Jika Anda sedang mencari pekerjaan dan ingin memulai karir Anda, Anda bisa mencoba memulai sebuah usaha kecil sukses  dari awal, sehingga Anda tidak akan tergantung pada perusahaan atau kantor tempat Anda bekerja. Memiliki usaha sendiri merupakan pekerjaan yang berbeda dari pekerjaan kantoran atau bekerja di sebuah perusahaan, tentunya Anda akan lebih banyak menemukan tantangan, hambatan, kesulitan serta jatuh bangun dalam membangun usaha kecil sukses Anda, tetapi tidak hanya masa-masa sulit yang bakal Anda lewati. Jika Anda bersikap gigih dan pantang menyerah dalam membangun usaha Anda, tentunya Anda juga bisa merasakan keuntungan serta keberhasilan, Anda bisa menikmati keberhasilan yang mungkin saja bisa melampaui keberhasilan dari seorang direktur sebuah perusahaan besar sekalipun.

Sebuah profesi wirausaha memang seperti halnya sebuah jalan yang tidak bisa dilihat ujungnya, terkadang kita dapat menemui kerugian tetapi terkadang bisa juga kita menemui keuntungan besar. Walaupun tidak bisa diprediksi secara pasti Anda bisa mempersiapkan segala sesuatunya dengan sebaik-baiknya, setidaknya dengan melakukan usaha yang keras kita sudah melakukan sesuatu yang berarti untuk hidup kita bukan.

Contoh Jenis Usaha Kecil Sukses

Ada banyak jenis usaha yang dapat Anda lakukan dari mulai usaha di bidang makanan, berdagang atau jual beli, sampai usaha pelayanan jasa. Semua dapat dilakukan sesuai dengan bakat, keahlian, ide serta kreatifitas Anda. Pada dasarnya apapun yang Anda lakukan, selama Anda jalani dengan tekun pada saatnya nanti akan menghasilkan usahakecil sukses.

Salah satu yang cukup inspiratif adalah Usaha Kecil Sukses Ayam Bakar Ciamik yang dikelola oleh Ary Gunawan yang merupakan seorang mantan karyawan BUMN.

Contoh Usaha Kecil Sukses Ayam Ciamik

Ary mengungkapkan, usahanya kini dapat mendulang omzet Rp 12 juta per bulan dan masih punya potensi lebih besar. Itu belum termasuk pesanan-pesanan khusus untuk acara-acara tertentu. Margin keuntungan yang diraihnya bisa mencapai 40 persen.

Sumber : http://lipsus.kompas.com/jalanjalan/read/2011/03/14/11142388/Mencicip.Laba.Kuliner.Bermodal.Uang.Jajan]

Cara Memulai Usaha Kecil Sukses

Mencari Modal Usaha

Untuk memulai sebuah usaha, yang diperlukan pastilah modal. Modal usaha memang menjadi faktor utama dalam membangun sebuah usaha kecil sukses. Kebanyakan orang berpikir bahwa sebuah usaha kecil sukses diperlukan sebuah modal yang besar pula. Ungkapan tersebut memang benar, tetapi tidak seratus persen berarti mutlak, karena dengan modal yang kecil pun Anda bisa memulai sebuah usaha, tentunya usaha kecil yang sederhana. Sesuai dengan prinsip ekonomi yaitu dengan modal yang sekecil-kecilnya kita dituntut untuk menghasilkan keuntungan yang sebesar-sebesarnya.

Lalu bagaimana membangun usaha kecil sukses dengan modal yang kecil?. Sebagai contoh Anda ingin merintis sebuah usaha kerajinan tangan produk aksesoris, dalam usaha kerajinan tangan ini Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang sangat besar, cukup dengan modal sederhana yang Anda miliki saat ini Anda dapat memulai usaha kecil sukses Anda.

Sebenarnya modal tidak hanya berupa modal materi karena Anda dapat memanfaatkan bakat, keahlian, ide dan kreativitas tadi sebagai modal Anda. Sebagai contoh, jika Anda suka menulis jadikan keahlian tersebut sebagai modal Anda untuk memasarkan produk Anda, buat tulisan di blog, forum dan dimanapun untuk memasarkan produk Anda. Contoh lain jika Anda bisa menggambar, buatlah gambar untuk mengiklankan prouk Anda, dan tentunya masih banyak lagi keahlian yang bisa Anda jadikan modal.

Sesi Produksi Barang / Jasa

Jika Anda sudah memiliki modal mulailah pada sesi produksi, jika Anda belum bisa merekrut tenaga pekerja, Anda bisa bekerja sama dengan para pengusaha jasa, seperti ketika Anda membutuhkan pekerjaan menjahit Anda bisa membawanya ke tukang jahit dan tentunya Anda membawa pekerjaan tersebut sekaligus agar biaya jahit yang dikeluarkan menjadi lebih murah. Contoh lainnya Anda bisa membawa pekerjaan menyablon kaos ke jasa konveksi atau tukang sablon. Hal-hal seperti itu bisa Anda lakukan dan dapat dianggap sebagai partner Anda, hal itu juga dapat berfungsi untuk menghemat waktu serta mendapatkan kualitas yang baik dan rapi karena dikerjakan oleh ahlinya, tentunya Anda harus pintar dalam memilih partner-partner tersebut.

Marketing / Pemasaran Barang dan Jasa

Setelah proses tersebut kini tinggal proses pra pemasaran dan pemasaran. Pada tahap pra pemasaran yang harus Anda perhatikan adalah bagaimana membuat kemasan yang menarik dan tetap menghemat biaya. Anda dapat menggunakan barang-barang bekas seperti kantong semen atau karung tentunya dengan bentuk yang telah dimodifikasi sehingga kemasan dapat terlihat unik. Tahap selanjutnya yaitu tahap yang paling penting adalah proses pemasaran.

Kini Anda tidak harus membuka toko untuk memasarkan barang Anda, karena Anda bisa memanfaatkan internet sebagai media yang paling ramai dikunjungi orang, selain itu Anda juga bisa memasarkan lewat jaringan teman-teman Anda, jadi tidak ada salahnya jika dari sekarang Anda memiliki teman yang banyak. Setelah semua itu dikerjakan, maka setelah itu yang bisa Anda lakukan adalah berdoa dan terus berusaha keras setiap hari untuk membuat usaha kecil Anda menjadi usaha kecil sukses.

Contoh Usaha Kecil Sukses – Penutup

Demikian penjelasan singkat dan contoh usaha kecil sukses pada artikel kali ini. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Artikel Yang Terkait Lainnya :

 

Tags : contoh usaha, contoh usaha kecil, usaha kecil sukses, contoh usaha kecil menengah, contoh wirausaha sukses Posted on 25-Jan-2012 in Tips Umum (Non-IT)
Download File Islami
RSS Tanya Jawab Islam
Kategori Artikel
Artikel Umum
Our Network
Beli Herbal Nabawi