Download Islamic Files – IT and General Tips

Contoh Undangan Aqiqah Anak

# Beberapa contoh undangan aqiqah anak

Contoh Undangan Aqiqah Anak – Prolog

Aqiqah merupakan salah satu istilah yang sudah tak asing lagi di telinga kita bukan. istilah ini dari segi bahasa berarti rambut di kepala seorang anak sementara dari sisi syara, aqiqah berarti binatang yang disembelih pada hari dimana rambut bayi dicukur. Aqiqah ini merupakan sebuah ibadah yang disyariatkan oleh Allah sebagaimana dijelaskan Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam melalui sabdanya,

“Setiap anak yang terlahir terpelihara (tergadai) dengan aqiqahnya yang disembelih untuknya pada hari ke tujuh (dari hari kelahirannya), dicukur rambutnya dan diberi nama.” (HR. Abu Dawud, Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Contoh Undangan Aqiqah : Hukum Aqiqah

Sebelum mengirimkan undangan Aqiqah, ada baiknya untuk mengetahui hukum kegiatan itu sendiri.

Hukum aqiqah sendiri menempati posisi sunnah muakkadah alias sunnah yang amat dianjurkan bahkan mendekati wajib, sama dengan ibadah kurban meskipun ada pula ulama yang mewajibkan aqiqah. Akan tetapi sebagian besar jumhur ulama berpendapat bahwa aqiqah menempati posisi sunnah muakkadah. Jika anda menazarkan aqiqah ini, maka hukumnya menjadi wajib. Bagi anak lelaki, jumlah kambing yang disembelih untuk aqiqah adalah 2 ekor. Akan tetapi jika anda hanya mampu menyembelih 1 ekor kambing saja, hal ini diperbolehkan dan tetap dianggap sah. Sementara untuk anak perempuan, jumlah kambing yang disembeli adalah 1 ekor saja.

Banyak yang belum tahu bahwa penyembelihan 2 ekor kambing untuk anak laki-laki adalah kambing yang keduanya seumur sebagaimana yang diperintahkan oleh Rasulullaah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam dari Aisyah RadhiyAllahu ‘Anha yang diriwayatkan oleh Tirmidzi bahwasannya Rasulullaah saw memerintahkan para sahabat untuk menyembelih aqiqah 2 ekor kambing yang seumur untuk anak laki-laki dan 1 ekor kambing untuk anak perempuan.

Sahnya seekor kambing untuk anak lelaki tersirat dalam aqiqah yang Rasulullaah lakukan untuk Hasan dan Husein, sebagaimana diriwayatkan Abu Dawud, dari Ibnu Abbas bahwasannya Rasulullaah saw menyembelih aqiqah untuk Hasan dan Husein masing-masing seekor kambing.

Distribusi Daqing Aqiqah

Apakah daging dalam undangan Aqiqah disajikan mentah? Atau daging undangan aqiqah disajikan mentah?

Dalam hal distribusi daging undangan aqiqah, disunnahkan untuk memasak daging undangan aqiqah terlebih dahulu. Jadi bukan daging mentah yang dibagikan melainkan daging matang yang sudah dimasak dengan rasa yang manis. Tujuan dari hal ini adalah untuk ber-tafa’ul alias menaruh harapan baik terhadap kebaikan perangai dan budi pekerti sang anak yang diaqiqahi. Mereka yang berhak mendapatkan daging aqiqah ini adalah para fakir miskin. Daging aqiqah dapat didistribusikan dengan mendatangi rumah fakir miskin ataupun dengan menyuruh mereka datang ke rumah kita yang sedang beraqiqah. Akan tetapi hal yang lebih baik adalah dengan mengantarkannya ke rumah fakir miskin.

Orang tua yang melaksanakan undangan aqiqah untuk anaknya dapat (bahkan disunnahkan) memakan daging sembelihan aqiqah selama aqiqah tersebut bukan nazar atau wasiat. Hukum ini sama kedudukannya dengan hukum kurban dimana yang berkurban boleh memakan daging kurbannya tapi tidak berlebihan. Disunnahkan pula tulang belulang kambing yang disembelih tidak dipotong-potong.

Jadi, jangan sampai waktu menyelenggarakan undangan aqiqah dagingnya belum dimasak.

Waktu Pelaksanaan Aqiqah

Kapan waktu aqiqah dilaksanakan? Apakan undangan Aqiqah wajib dilaksanakan?

Aqiqah disunnahkan dilakukan setelah anak lahir. Akan tetapi jika orang tua tidak berkemampuan maka diperbolehkan untuk tidak beraqiqah. Sunnah aqiqah bagi anak yang sudah baligh sudah beralih ke anak tersebut, sehingga sunnah terhadap orang tua pun gugur. Walaupun waktu untuk beraqiqah ini panjang, akan tetapi akan sangat afdhal jika beraqiqah pada hari ketujuh setelah kelahiran sang bayi sebagaimana sebuah hadits, dari Aisyah ra berkata bahwasannya Rasulullaah saw mengaqiqah Hasan dan Husain pada hari ke tujuh, memberikan keduanya nama, dan mencukur rambut. Hadits ini diriwayatkan oleh Hakim.

Jika anak lahir pada siang hari maka sudah dianggap satu hari, sementara jika sang anak lahir malam hari, maka hari pertama dihitung dari hari berikutnya. Hal ini sebenarnya dapat dipahami dengan perhitungan hijriyah dimana pergantian hari terletak pada waktu maghrib sementara perhitungan masehi pergantian hari terletak pada waktu tengah malam.

Aqiqah adalah sunnah. Sedangkan undangan aqiqah sendiri adalah mubah.

Download Contoh Undangan Aqiqah

Untuk mendownload contoh undangan Aqiqah, ikuti link berikut ini :

Download : Klik Pada Link

1. Undangan Kertas Putih Formal

2. Undangan Kuning Cerah Ceria

3. Undangan Hijau Elegan

4. Undangan Hitam Putih

Contoh Undangan Aqiqah Anak – Penutup

Demikian tutorial singkat seputar contoh undangan Aqiqah. Semoga bermanfaat.

Artikel Yang Terkait Lainnya :

 

Tags : contoh undangan aqiqah, undangan aqiqah, contoh undangan akikah, contoh undangan aqiqah anak, undangan akikah Posted on 27-Jan-2012 in Tips Umum (Non-IT)
Download File Islami
RSS Tanya Jawab Islam
Kategori Artikel
Artikel Umum
Our Network
Beli Herbal Nabawi