Download Islamic Files – IT and General Tips

Contoh Organisasi Internasional

# Beberapa contoh organisasi internasional

Contoh Organisasi Internasional – Prolog

Organisasi merupakan sebuah kelompok orang yang membentuk wadah perkumpulan dimana mereka memiliki visi dan misi yang sama dan sejalan satu sama lain. Sebuah organisasi memiliki struktur keanggotaan yang bersifat sistematis dan solid serta memiliki tujuan yang terencana dengan baik. Sebuah organisasi biasanya terdapat dalam bidang sosial, ekonomi, politik dll. Selain itu biasanya dalam organisasi memilki tingkat wilayah yang mencerminkan seberapa besarnya sebuah organisasi, sebagai contoh Organisasi Siswa Intra Sekolah atau OSIS dimana memiliki tingkat cakupan di dalam sekolah saja, lalu ada Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia atau PSSI sebagai organisasi tingkat nasional.

Selain itu terdapat pula organisasi tingkat dunia dimana tingkat organisasi tersebut mencakup seluruh wilayah di dunia. Organisasi dunia berperan sebagai pemersatu dalam berbagai bidang seperti kesehatan, ekonomi, sosial, olahraga dan masih banyak lagi. Beberapa contoh organisasi di dunia adalah sebagai berikut :

Contoh Organisasi International : UN/PBB

(United Nations/Persatuan Bangsa Bangsa)

Contoh Organisasi Internasional - UNPBB adalah organisasi internasional yang beranggotakan hampir seluruh Negara-negara di seluruh dunia. PBB merupakan organisasi yang mewadahi segala bidang seperti politik, ekonomi, sosial, kesehatan antar Negara-negara anggotanya. Awalnya PBB dibentuk untuk menciptakan perdamaian di dunia, tetapi kini PBB memiliki tujuan lain seperti memelihara perdamaian dan keamanan dunia, melindungi hak asasi manusia dan bantuan kemanusiaan, mendukung pembangunan sosial dan ekonomim, serta fungsi-fungsi lainnya.

PBB didirikan pada tahun 1945 yang awalnya hanya beranggotakan beberapa Negara saja, hingga kini PBB sudah menjadi organisasi internasional dengan keanggotaan 193 negara dan dipimpin oleh Sekretaris Jenderal Ban Ki-moon dari Korea Selatan sejak tahun 2007. PBB memiliki lembaga-lembaga khusus untuk menangani permasalahan yang ada di dunia sesuai dengan bidangnya, beberapa lembaga tersebut adalah :

  1. FAO (Organisasi Pangan dan Pertanian)
  2. IAEA (Badan Tenaga Atom Internasional)
  3. ICAO (Organisasi Penerbangan Sipil Internasional)
  4. IFAD (Dana Internasional untuk Pengembangan Pertanian)
  5. ILO (Organisasi Buruh Internasional)
  6. IMO (Organisasi Maritim Internasional)
  7. IMF (Dana Moneter Internasional)
  8. ITU (Uni Telekomunikasi Internasional)
  9. UNESCO (Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa)
  10. UNIDO (Organisasi Pengembangan Industri Perserikatan Bangsa-Bangsa)
  11. UPU (Kesatuan Pos Sedunia)
  12. WB (Bank Dunia)
  13. WFP (Program Pangan Dunia)
  14. WHO (Organisasi Kesehatan Dunia)
  15. WIPO (Organisasi Hak atas Kekayaan Intelektual Dunia)
  16. WMO (Organisasi Meteorologi Dunia)
  17. UNWTO (Organisasi Pariwisata Dunia)

Contoh Organisasi International : FIFA

(Fédération Internationale de Football Association)

Contoh Organisasi Internasional FIFAFIFA merupakan organisasi sepakbola dunia yang mewadahi pengaturan organisasi sepakbola di seluruh dunia. FIFA juga berperan dalam berbagai turnamen sepakbola antar Negara di dunia seperti Piala Dunia, Piala Konfederasi, Piala Dunia Wanita, Piala Dunia Antarklub dan masih banyak lagi. FIFA didirikan pada 21 Mei 1904 dan hingga kini memiliki 208 asosiasi sepakbola nasional dibawahnya.

FIFA dipimpin oleh seorang presiden yaitu Sepp Blatter sejak tahun 1998. FIFA membawahi beberapa organisasi sepakbola tingkat benua dan Negara, dan secara bersama-sama mengatur perkembangan sepakbola di seluruh dunia. Organisasi konfedersi tingkat benua yang berada di bawah FIFA adalah :

  1. AFC (Asian Football Confederation atau Konfederasi Sepak Bola Asia)
  2. CAF (Confédération Africaine de Football atau Konfederasi Sepak Bola Afrika)
  3. CONMEBOL/CSF (Confederación Sudamericana de Fútbol atau Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan
  4. CONCACAF (Confederation of North, Central American and Caribbean Association Football atau Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Tengah dan Karibia)
  5. OFC (Oceania Football Confederation atau Konfederasi Sepak Bola Oseania)
  6. UEFA (Union of European Football Associations atau Uni Sepak Bola Eropa)

Contoh Organisasi Internasional – Penutup

Demikian beberapa contoh organisasi internasional yang dapat kami jelaskan. Semoga bermanfaat!

Artikel Yang Terkait Lainnya :

 

Tags : contoh organisasi internasional, organisasi-organisasi internasional, nama organisasi internasional, organisasi internasional di dunia, organisasi organisasi internasional Posted on 25-Jan-2012 in Tips Umum (Non-IT)
Download File Islami
RSS Tanya Jawab Islam
Kategori Artikel
Artikel Umum
Our Network
Beli Herbal Nabawi