Download Islamic Files – IT and General Tips

Contoh Naskah Pidato Singkat

# Bagaimana contoh naskah pidato singkat? Berikut contohnya.

Contoh Naskah Pidato Singkat – Prolog

Pidato. Siapa tak kenal istilah ini. Bagi beberapa orang, istilah ini dianggap mengerikan. Pidato sendiri didefinisikan sebagai sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau dapat pula diartikan sebagai sebuah kegiatan berorasi untuk menyampaikan pendapat, atau memberikan gambaran mengenai suatu hal tertentu. Pidato pada umumnya dibawakan oleh seseorang yang memberikan orasi dan memberikan pernyataan mengenai sebuah hal ataupun peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan terutama di khalayak umum. Pidato sendiri adalah salah satu teori yang diajarkan pada mata pelajaran dan mata kuliah Bahasa Indonesia.

Contoh Naskah Pidato

Pidato juga biasanya dilakukan oleh seorang pemimpin untuk berorasi di depan bawahan yang dipimpinnya atau bahkan di hadapan umum. Berikut beberapa hal mengenai pidato yang perlu diketahui. Selamat menyimak.

Contoh Naskah Pidato – Fungsi Pidato

Fungsi dari kegiatan pidato ini diantaranya adalah sebagai berikut,

  • Semakin mempermudah komunikasi antara atasan dengan bawahan atau antara pimpinan dengan yang dipimpin
  • Pidato mempermudah komunikasi antara ketua organisasi dengan sesama anggota organisasi
  • Pidato mampu menciptakan sebuah keadaan yang kondusif dimana hanya diperlukan satu orang saja untuk melakukan pidato atau orasi dengan audiens yang banyak

Contoh Naskah Pidato -Pidato Singkat

Pidato tidak harus panjang, asalkan isinya penuh makna dan dapat dipahami dengan baik, pidato singkat pun tidak masalah. Berikut contoh naskah pidato singkat yang bisa Anda baca :

Contoh Naskah Pidato Singkat

Praktek Pidato

Pidato biasanya dipraktekkan oleh seorang pemimpin di hadapan sekelompok orang yang dipimpinnya. Diantara beberapa contohnya adalah pidato dibawakan oleh seorang pemimpin organisasi kepada anggota organisasi tersebut, dilakukan oleh seorang pejabat di hadapan masyarakat dengan harapan mempermudah komunikasi sehingga dapat tercipta suasana yang kondusif dan demokratis. Pada beberapa keadaan, pidato juga dilakukan oleh seseorang yang dianggap tetua guna menenangkan massa atau khalayak ramai. Seorang pemimpin atau seorang yang berpengaruh biasanya dituntut untuk menguasai teknik dan teori pidato agar dapat memperoleh komunikasi yang baik antara pihak yang berpidato dengan audiens.

Contoh Jenis Penggunaan Pidato

Ada beberapa contoh jenis penggunaan pidato, di antaranya :

  • Pidato Untuk Acara Kenegaraan
  • Pidato Untuk Keperluan Pendidikan
  • Pidato Pembuka Acara Wisuda
  • Pidato Pelatihan Kepemimpinan
  • Pidato Ritual Keagamaan
  • Orasi (Pidato Terbuka)

Metode Pidato

Berikut adalah beberapa metode yang lazim dipergunakan pada sebuah pidato.

  • Metode Impromptu :  adalah sebuah metode berpidato yang serta merta alias dilakukan secara “mendadak” dan biasanya dilakukan dengan cara improvisasi tanpa adanya persiapan apapun oleh pihak yang berpidato sebelum pidato dilakukan
  • Metode Memoriter : adalah sebuah metode berpidato dimana pembawa pidato memberikan pidato dengan menghapalkan naskah pidato terlebih dahulu sebelum melakukan pidato di hadapan umum.
  • Metode Naskah : adalah sebuah metode berpidato dimana pembawa pidato membacakan teks/naskah pidato yang sebelumnya biasanya telah disiapkan baik oleh pembawa pidato itu sendiri ataupun oleh pihak yang menyiapkan naskah pidato tersebut. Meski demikian, pembawa pidato biasanya telah membaca naskah tersebut sebelum tampil di khalayak ramai guna memastikan isi naskah pidato dan sebagai sebuah langkah persiapan. Bedanya dengan metode memoriter, pihak pembawa pidato tidak diharuskan menghafa isi dari naskah pidato yang dibuat tersebut.
  • Metode Ekstemporan : adalah sebuah metode berpidato dimana pembawa pidato terlebih dahulu menyiapkan garis-garis besar konsep pidato yang akan disampaikan baru kemudian saat berpidato pembawa pidato mengembangkan sendiri dengan ilmu yang dikuasainya isi dari pidato yang disampaikan. Dengan menyiapkan garis besar konsep pidato tersebut, pembawa pidato memiliki batasan dan pegangan “jalur” yang harus disampaikan pada saat pidato serta menghindarkan agar pembawa pidato tidak “melenceng” dari bahasan yang semestinya.

Contoh Naskah Pidato Singkat – Penutup

Demikian sekilas pembahasan mengenai pidato, definisi, fungsi, jenis dan juga contoh Naskah pidato singkat. Jika anda tengah mempersiapkan sebuah naskah pidato, semoga contoh naskah pidato singkat yang kami berikan di atas bermanfaat untuk Anda.

Artikel Yang Terkait Lainnya :

 

Tags : pidato singkat, pidato agama islam singkat, contoh pidato singkat, ceramah singkat, pidato islam Posted on 05-Jan-2012 in Tips Umum (Non-IT)
Download File Islami
RSS Tanya Jawab Islam
Kategori Artikel
Artikel Umum
Our Network
Beli Herbal Nabawi