Download Islamic Files – IT and General Tips

Contoh Latar Belakang Penulisan Makalah

# Bagaimana contoh latar belakang penulisan makalah?

Contoh Latar Belakang Penulisan Makalah – Prolog

Menulis sebuah makalah adalah sebuah tugas yang sering ditemui bagi Anda yang masih duduk di bangku sekolah atau perkuliahan, bagi sebagian orang ini adalah tugas biasa yang mudah untuk dikerjakan dengan melakukan sebuah penelitian terlebih dahulu sebuah makalah akan menjadi laporan hasil penelitian atau laporan hasil kunjungan studi yang baik.

Tetapi bagi sebagian orang lainnya menulis sebuah makalah adalah hal yang merepotkan dan memusingkan, terlebih jika Anda tidak biasa dalam membuat tulisan atau laporan. Bagaimana solusinya? Berikut ini adalah beberapa tips sederhana dalam membuat laporan makalah khususnya dalam membuat latar belakang sebuah makalah.

Contoh Penulisan Latar Belakang Masalah

Point-point  Latar Belakang Penulisan Masalah

Pertama, ada baiknya kita mengetahui dan memahami latar belakang yang dimaksud dari sebuah makalah. Latar belakang biasanya adalah suatu permasalahan yang muncul di masyarakat dimana permasalahan tersebut banyak terjadi dan menjadi semacam fenomena yang menarik untuk diangkat. Jadi sebuah kasus yang akan diangkat menjadi latar belakang masalah sebaiknya merupakan kasus atau masalah yang menarik dan sedang terjadi atau sedang hangat dibicarakan. Walaupun sebenarnya tidak ada aturan khusus yang melarang Anda untuk mengangkat sebuah topik atau masalah yang tidak terkenal atau sudah lama terjadi, tetapi memilih sebuah kasus yang menarik dan terbaru untuk diangkat merupakan poin positif tersendiri untuk makalah Anda nantinya.

Yang kedua, manfaat dari pembahasan tersebut apakah akan berpengaruh kepada masyarakat kedepannya atau tidak. Sebuah penulisan atau makalah yang baik haruslah memiliki tujuan dan manfaat yang baik pula Karena dengan menghasilkan tulisan serta manfaat yang baik diharapkan dapat merubah perspektif si pembaca agar ikut melakukan perubahan atau ikut bertindak dalam permasalahan tersebut.

Yang ketiga, adalah seberapa pentingnya masalah tersebut untuk diteliti apakah, apakah nantinya penelitian yang Anda jalani akan melakukan sebuah hasil atau perubahan hal ini terkait dengan manfaat dan tujuan yang sebelumnya dibahas. Jadi setidaknya penelitian yang Anda kerjakan tidak sia-sia dan hanya untuk memenuhi tugas semata tanpa ada hasil yang realistis.

Yang keempat, adalah apakah topik atau masalah tersebut sudah pernah dibahas atau diteliti sebelumnya, hal ini perlu Anda ketahui karena Anda pasti tidak menginginkan pekerjaan yang sia-sia ketika tahu bahwa hasil penulisan makalah Anda sudah ada dan pernah dibahas atau diteliti sebelumnya. Sebenarnya hal tersebut bukan berarti pekerjaan Anda menjadi tidak berguna dan benar-benar bisa dikatakan sia-sia, karena walaupun sudah pernah dikerjakan sebelumnya hasil dan pembahasan tersebut pasti memiliki perbedaan, meskipun akan lebih baik jika Anda mengetahuinya sejak awal jadi setidaknya Anda bisa melengkapi dan menyempurnakan makalah tersebut dan menghasilkan penelitian yang lebih sempurna dari sebelumnya.

Yang kelima, tentunya pilihlah topik yang sesuai dengan keinginan Anda, karena tentunya Anda akan lebih giat mengerjakan makalah tersebut apabila menggunakan topik yang menarik minat Anda sendiri. Karena sesuatu yang dikerjakan sesuai dengan keinginan dari diri sendiri tentunya akan lebih nikmat untuk dijalani, dibandingkan menjalani segala sesuatunya dengan penuh paksaan.

Yang keenam, setelah mendapatkan latar belakang masalah yang tepat, Anda harus mengetahui dan membatasi hal-hal yang akan diteliti sehingga penelitian menjadi focus dan tidak terlalu luas, selain itu Anda harus tahu dan menentukan narasumber ataupun tempat dimana Anda akan memperoleh informasi yang tepat. Selanjutnya Anda tinggal mengolah data yang Anda teliti, menganalisisnya menjadi sebuah penulisan makalah atau skripsi yang baik dan menarik kesimpulan yang bisa dimanfaatkan nantinya baik oleh diri sendiri maupun orang lain.

Download Contoh  Latar Belakang Penulisan Masalah

Untuk mempermudah Anda dalam memahami lebih lanjut, ada baiknya untuk melihat contoh penulisan latar belakang masalah dari orang lain. Untuk hal itu, silakan ikuti link download contoh berikut ini :

Click Here to Download Now!

Untuk lebih memperjelas lagi, silakan download juga contoh yang berikut ini :

Click Here to Download Now!

Contoh Latar Belakang Penulisan Makalah – Penutup

Selamat meneliti dan semoga sukses dalam penelitian Anda.

 

Artikel Yang Terkait Lainnya :

 

Tags : latar belakang masalah, contoh latar belakang, latar belakang makalah, contoh latar belakang makalah, contoh latar belakang penulisan makalah Posted on 12-Jan-2012 in Tips Umum (Non-IT)
Download File Islami
RSS Tanya Jawab Islam
Kategori Artikel
Artikel Umum
Our Network
Beli Herbal Nabawi