Download Islamic Files – IT and General Tips

Contoh Kata-kata Puitis

# Artikel Contoh Kata-kata Puitis

Contoh Kata-kata Puitis – Prolog

Puisi merupakan rangkaian kata-kata indah yang sering dijadikan orang sebagai bahasa kasih sayang, ungkapan cinta, menggambarkan sebuah keadaan, mengungkapkan perasaan, mencurahkan emosi, menumpahkan ekspresi dan masih banyak lagi. Puisi sendiri merupakan salah satu jenis seni sastra yang menggunakan bahasa dan kata-kata dalam mengungkapkan seluruh ekspresi disertai dengan mimik atau ekspresi wajah yang sangat menjiwai setiap kalimat puisi tersebut.

Puisi biasanya dibuat dari rangkaian beberapa kata-kata puitis yang membentuk baris, dari beberapa baris-baris puisi akan menciptakan bait yang indah dan beberapa rangkaian dari bait-bait tersebutlah yang akan menjadikan sebuah satu kesatuan puisi yang indah. Dalam puisi juga terdapat rima atau persajakan yang berarti pengulangan bunyi pada tiap baris puisi. Biasanya rima terdapat di akhir tiap baris puisi, tetapi sebenarnya rima juga dapat berada di tengah-tengah baris puisi.

Pembagian Jenis Puisi

Pada dasarnya puisi terbagi kedalam dua jenis, yaitu puisi lama dan puisi baru.

Yang pertama adalah puisi lama. Puisi lama merupakan jenis puisi lama yang terikat oleh aturan-aturan. Puisi lama dapat dikategorikan juga ke dalam puisi sastra melayu klasik yang terdiri dari mantra, pantun, karmina, seloka, gurindam, syair, talibun dll. Penggunaan puisi lama kini terbatas dalam kepentingan pendidikan dan pembelajan saja. Hanya ada beberapa jenis puisi lama yang dimebangkan hingga saat ini seperti syair dan pantun, jenis lainnya tidak terlalu berkembang dan cenderung hanya menjadi pelajaran di sekolah-sekolah saja.

Yang kedua adalah puisi baru. Berbeda dengan puisi lama, puisi baru cenderung lebih bebas dari puisi lama, sehingga lebih mudah untuk dikembangkan hingga kini. Selain itu terdapat juga puisi kontemporer yang bersifat kekinian dan selalu menyesuaikan perkembangan zaman.

Beberapa Tokoh Bidang Puisi

Beberapa tokoh-tokoh yang dikenal dalam dunia seni sastra atau disebut juga penyair diantaranya adalah:

  1. Chairil Anwar dengan beberapa karya-karyanya yang terkenal seperti Aku, Doa, Krawang – Bekasi, Senja Di Pelabuhan Kecil dll.
  2. Goenawan Mohamad dengan karyanya yang paling terkenal adalah Catatan Pinggir.
  3. H.B. Jassin dikenal sebagai sastrawan yang sangat ternama dan memiliki pengaruh dalam dunia sastra di Indonesia.
  4. Taufiq Ismail adalah salah satu sastrawan yang sangat berpengaruh dalam dunia sastra Indonesia, salah satu karyanya yang terkenal adalah Malu (Aku) Jadi Orang Indonesia.
  5. Usmar Ismail, sebenarnya merupakan sutradara kawakan yang dikenal sebagai bapak perfilman Indonesia, tetapi beliau juga salah satu tokoh yang aktif di bidang sastra. Namanya kini dikenal dengan salah satu tempat di Taman Ismail Marzuki yaitu Usmar Ismail Hall yang menjadi tempat untuk berkesenian dan tentunya seni sastra.
  6. W.S. Rendra adalah seorang aktor teater yang mendirikan Bengkel Teater Rendra. Rendra juga dikenal sebagai sastrawan dan penyair yang memiliki nama besar, salah satu karyanya yang terkenal adalah kumpulan sajak Ballada Orang-Orang Tercinta.

Dalam menciptakan sebuah puisi diperlukan penghayatan yang mendalam, serta emosi yang berasal dari dalam hati untuk menciptakan kata-kata puitis. Pada dasarnya dalam menciptakan karya seni dalam bentuk apapun termasuk karya seni sastra, diperlukan ekspresi yang benar-benar timbul dari hati, sehingga dapat menjadikan kata-kata tersebut tidak hanya indah, tetapi memiliki penjiwaan dan makna yang mendalam.

Beberapa Contoh Kata-kata Puitis

Beberapa contoh kata-kata puitis yang bisa dijadikan puisi adalah sebagai berikut :

Contoh Kata Puitis

Sebuah karya sastra yang baik, akan lebih baik dan lebih hidup lagi saat dibawakan dengan penuh penghayatan sehingga kesan yang yang ditampilkan akan lebih hidup, karena pada dasarnya sebuah puisi merupakan gabungan antara seni sastra dan teater yang saat dipadukan akan menghasilkan ekspresi yang sangat luar biasa.

Contoh Kata-kata Puitis – Penutup

Demikian penjelasan singkat mengenai puisi dan contoh kata-kata puitis. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Artikel Yang Terkait Lainnya :

 

Tags : kata-kata puitis, kata puitis, kata kata puitis, puitis, kata2 puitis Posted on 25-Jan-2012 in Tips Umum (Non-IT)
Download File Islami
RSS Tanya Jawab Islam
Kategori Artikel
Artikel Umum
Our Network
Beli Herbal Nabawi