Download Islamic Files – IT and General Tips

Contoh Ice Breaking Games

# Contoh Ice Breaking Games

Contoh Ice Breaking Games – Prolog

Seringkali ketika kita berada dalam suasana baru seperti halnya dalam sebuah kelas, kantor, sebuah pertemuan, seminar, rapat dan banyak lagi kita mengalami rasa jenuh dan kaku. Hal tersebut dapat terjadi karena beberapa penyebab seperti orang-orang yang baru dan tidak saling mengenal, pembicara yang kurang menarik, topik pertemuan atau seminar yang kurang menarik serta suasana sekitar yang tidak nyaman. Terkadang hal tersebut dapat membuat rasa kantuk datang dan akhirnya menjadi tertidur, hal ini dapat membuat suasana pertemuan menjadi tidak kondusif dan sia-sia.

Ada beberapa cara untuk membuat suasana pertemuan menjadi lebih hidup dan komunikatif, salah satunya adalah dengan mengadakan ice breaking games. Sesuai dengan namanya ice breaking games adalah permainan yang bertujuan untuk mencairkan suasana agar tidak terasa jenuh dan kaku, ice breaking games dapat dilakukan ditengah-tengah pertemuan dimana kondisi para peserta sudah mulai terlihat jenuh. Selain itu games ini dapat berfungsi sebagai media perkenalan di awal pertemuan agar suasana pertemuan nantinya dapat berjalan lebih komunikatif karena para peserta sudah saling mengenal dan akrab.

Ice Breaking

Manfaat Dari Ice Breaking Games

Dengan ice breaking games suasana pertemuan yang awalnya terasa membosankan akan menjadi lebih komunikatif dan atraktif, hal ini dikarenakan para peserta lebih santai dan saling mengenal satu sama lain sehingga acara seminar atau pertemuan dapat berjalan dengan lancar.

Jika Anda berperan sebagai fasilitator dari sebuah pertemuan atau seminar ada baiknya Anda menyiapkan satu atau dua buah games untuk para peserta agar pertemuan dapat berjalan lebih baik dan tentunya akan membuat hasil pertemuan lebih bermanfaat lagi nantinya.

Beberapa Contoh Ice Breaking Games

Ada banyak jenis ice breaking games yang dapat Anda lakukan, berikut ini adalah beberapa contoh games yang dapat Anda terapkan dalam pertemuan, seminar atau rapat.

Dalam sebuah pertemuan atau rapat yang mempertemukan orang-orang yang baru seringkali melewatkan sebuah sesi perkenalan atau hanya melakukan perkenalan secara apa adanya. Perkenalan yang bersifat seadanya seringkali akan gampang dilupakan karena tidak ada kesan yang membekas dalam mengingat nama. Berikut ini adalah cara perkenalan nama yang unik sehingga akan membuat para peserta menjadi lebih mudah dalam mengingat nama satu sama lain.

–          Sediakan selembar kertas kecil bagi setiap peserta yang hadir beserta sebuah alat tulis.

–          Mintalah setiap orang untuk menuliskan namanya dan cita-citanya ketika masih kecil, mintalah cita-cita yang unik dan selucu mungkin, selain itu tuliskan ciri-ciri dari wajah sendiri pada kertas tersebut. Lalu lipatlah kertas menjadi dua.

–          Setelah itu masing-masing peserta memutar kertas tersebut ke sebelah kiri atau kanan sampai kertas tersebut tidak berada pada pemiliknya masing-masing.

–          Mintalah orang pertama untuk membaca kertas yang dipegangnya dengan keras sehingga seluruh peserta mendengar. Setelah membaca mintalah orang tersebut untuk menebak dengan menunjuk siapa orang tersebut berdasarkan ciri-ciri wajah yang tertulis di kertas.

–          Jika tebakan salah maka orang tersebut harus menyanyikan sebuah lagu, dan setelah itu menebak kembali hingga benar.

–          Setelah itu giliran orang selanjutnya untuk membuka kertas yang ada di tangannya.

–          Proses ini berjalan terus sampai semua orang sudah membuka kertasnya.

  • Ice Breaking Games Untuk Mencairkan Suasana

Permainan ini cocok diadakan pada saat peserta terlihat jenuh ditengah-tengah pertemuan atau seminar.

–          Sediakan selembar kertas dan sebuah alat tulis masing-masing untuk peserta.

–          Mintalah peserta untuk menggambar sebuah objek apa saja, bisa berbentuk figure manusia, hewan, tumbuhan atau benda-benda lainnya.

–          Setelah itu mintalah masing-masing peserta untuk memberikan kertasnya pada orang di sebelah kirinya.

–          Buatlah sebuah gambar kembali yang berhubungan dengan gambar pertama pada kertas tersebut.

–          Putar kembali kertas ke sebelah kiri, dan buatlah gambar lainnya yang tetap berhubungan.

–          Putar terus hingga kertas tersebut sampai pada pemilik awal gambar tersebut. Dan masing-masing orang akan melihat gambarnya yang telah penuh dengan gambar-gambar lain.

Contoh Ice Breaking Games – Penutup

Demikian sekilas mengenai Ice Breaking games, definisi (pengertian) dan contohnya. Semoga bermanfaat.

Artikel Yang Terkait Lainnya :

 

Tags : ice breaking, contoh ice breaking, contoh permainan ice breaking, ice breaking games, permainan ice breaking Posted on 25-Jan-2012 in Tips Umum (Non-IT)
Download File Islami
RSS Tanya Jawab Islam
Kategori Artikel
Artikel Umum
Our Network
Beli Herbal Nabawi