Download Islamic Files – IT and General Tips

Contoh Hubungan Internasional Indonesia

# Contoh makalah hubungan internasional Indonesia. # Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang definisi, contoh aplikasi, contoh makalah dan contoh artikel seputar hubungan internasional Indonesia. Jika Anda berminat, silakan baca lebih lanjut.

Contoh Hubungan Internasional Indonesia – Definisi

Membahas mengenai Hubungan Internasional (HI), dalam benak kita pasti sudah langsung memikirkan dua buah kata, “luar negeri”. Bagaimana tidak, setiap mendengar kata internasional maka dalam pikiran kita terdapat bayangan-bayangan berbagai hal mengenai dunia. Tak banyak yang mengetahui definisi dari HI itu sendiri.

Beberapa dari kita mungkin ketika mendengar kata HI juga terbayang mengenai salah satu jurusan di bidang sosial yang memiliki nama sana, Hubungan Internasional atau biasa dikenal dengan singkatan HI (dibaca Ha I). Definisi dari HI itu sendiri dalam Wikipedia disebutkan sebagai sebuah studi mengenai berbagai macam persoalan luar negeri dan berbagai isu global yang ada di dalamnya. Ilmu HI merupakan salah satu cabang ilmu politik. Sifat dari HI sendiri dapat positif dan normatif dengan adanya usaha analisa dan perumusan kebijakan negara tertentu.

Contoh Hubungan Internasional Indonesia

 

Hubungan Internasional Dalam Dunia Pendidikan

Berbagai ilmu lain yang terkait dengan bidang studi HI diantaranya adalah ilmu ekonomi, hukum, sejarah, filsafat, geografi, sosiologi, antropologi, psikologi, sosial budaya, dan ilmu sosial lainnya. Kesemua ilmu tersebut tentu saja saling terkait karena dalam analisa mengenai kebijakan sebuah negara misalnya, penganalisa dipastikan harus mengetahui latar belakang sejarah negara tersebut, menganalisa kondisi sosial budaya dari negara yang sedang dianalisa, menganalisa faktor hukum yang ditegakkan dan lain sebagainya.

Di Universitas Indonesia, HI ini merupakan bagian dari FISIP alias Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Beberapa konsep dalam HI diantaranya mengenai kekuasaan yang dideskripsikan sebagai sebuah tingkat sumber daya, kemampuan, dan pengaruh dalam berbagai masalah internasional dimana kekuasaan terbagi ke dalam hard power dan soft power meskipun tak ada batasan yang jelas mengenai pembagian tersebut.

Sementara pengertian dari HI dalam hal hubungan yang sebenarnya merupakan sebuah hubungan antara dua negara atau lebih dalam berbagai aspek. Hubungan yang dijalin sendiri dapat berupa hubungan kerjasama dalam bidang politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan dan keamanan. Hubungan yang dijalin dapat berupa hubungan individu ataupun kelompok. Kerjasama bilateral antara 2 negara sudah dikategorikan sebagai sebuah HI. Hal ini tentu saja sudah dapat dipahami. Kerjasama bilateral sendiri ditujukan untuk membina hubungan antara 2 negara. Ada pula hubungan multilateral yang merupakan hubungan lebih dari 2 negara. Masih ingat mengenai berbagai klaim yang ditujukan kepada aset negara kita beberapa waktu lalu? Hal tersebut juga merupakan bagian dari hubungan internasional.

Contoh Aplikasi Dalam Dunia Real

Indonesia sendiri dalam memiliki tujuan saat membangun hubungan kerja sama dengan negara lain seperti yang dijelaskan di dalam UUD ’45, yaitu sebagai berikut :

  1. Dalam rangka melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia
  2. Guna memajukan kesejahteraan sosial
  3. Guna mencerdaskan kehidupan bangsa
  4. Untuk melaksanakan ketertiban dunia

Bagi anda seorang turis ataupun mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di luar negeri, hal itupun sudah menjadi sebuah langkah melakukan hubungan internasional hanya saja secara individu. Timbal balik apapun antara individu 2 negara, maka hal tersebut sudah dikategorikan sebagai sebuah HI. Bahkan bagi anda yang berniaga dan melakukan ekspor dan impor, maka anda juga telah melaksanakan hubungan internasional meskipun secara individu atau kelompok.

Hubungan antara negara Indonesia dengan negara lain sudah jelas merupakan bagian dari HI. Kerjasama yang dibina bisa saja di bidang ekonomi, budaya, teknologi dan lain sebagainya. sifat dari hubungan internasional sendiri terdiri dari sifat persahabatan, persengketaan, permusuhan dan peperangan. Itu kenapa pada paragraf sebelumnya kami menyebutkan bahwa klaim terhadap bagian dari negara kita juga merupakan bagian dari hubungan internasional.

Contoh Interaksi Dalam Dunia Real

Pola dari hubungan internasional dapat berupa penjajahan, saling bergantung, dan kesamaan derajat antarbangsa. Indonesia sendiri lebih memilih politik luar negeri yang bersifat bebas aktif dalam rangka mencapai tujuan menjadi bangsa yang bebas bergaul dengan negara manapun tapi tidak dapat diintervensi dengan tetap aktif bekerjasama dengan berbagai negara untuk mencapai perdamaian dunia dan membela negara yang terancam baik dari segi kedaulatan ataupun keberadaannya.

Contoh Makalah dan Artikel Hubungan Internasional

Bagi Anda yang sedang belajar, entah sebagai mahasiswa atau siswa sekolah, kadang kala diperlukan untuk membuat sebuah makalah atau artikel seputar persoalan HI. Untuk Anda yang membutuhkan, berikut beberapa contoh yang dapat Anda download dan Anda pelajari :

Download : Klik Pada Link

Contoh Hubungan Internasional Indonesia – Penutup

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang definisi, contoh aplikasi, contoh makalah dan contoh artikel seputar hubungan internasional Indonesia. Semoga bermanfaat.

Artikel Yang Terkait Lainnya :

 

Tags : contoh hubungan internasional, hubungan internasional, organisasi internasional, hubungan internasional indonesia, hubungan internasional indonesia dengan negara lain Posted on 23-Jan-2012 in Tips Umum (Non-IT)
Download File Islami
RSS Tanya Jawab Islam
Kategori Artikel
Artikel Umum
Our Network
Beli Herbal Nabawi