Download Islamic Files – IT and General Tips

Contoh Hikayat Sastra Melayu Klasik

# Contoh hikayat sastra melayu klasik

Contoh Hikayat Sastra Melayu Klasik – Prolog

Membaca merupakan salah satu kegiatan atau hobi yang digemari oleh banyak orang, dari kalangan muda maupun orang tua suka membaca. Apapun bisa menjadi bahan bacaan dari mulai buku pelajaran, surat kabar, komik, novel hingga karya-karya sastra baik dari dalam negeri hingga karangan dari luar negeri. Salah satunya adalah karya sastra melayu klasik yang sudah muncul sejak dahulu kala, jauh sejak abad 16 M. Mungkin beberapa dari Anda masih mengingat sedikit kenangan di sekolah tentang pelajaran Bahasa Indonesia yang mempelajari gurindam, pantun atau karmina yang merupakan beberapa contoh dari sastra melayu klasik.

Walaupun kini tidak banyak generasi muda yang gemar atau bahkan mengenal karya-karya ini, tetapi bagi sebagian orang terutama bagi generasi yang lebih tua mungkin keberadaannya merupakan obat pelepas rindu akan karya-karya sastra klasik yang penuh dengan keindahan.

Karya Sastra Melayu Klasik Pertama

Karya sastra pertama yang dikenal memakai bahasa melayu kuno (klasik). Yang diketahui adalah adanya sepucuk surat yang dikirimkan oleh raja Ternate, Sultan Abu Hayat yang dikirimkan kepada raja João III diPortugal pada tahun 1521 masehi.

Karya sastra melayu klasik biasanya tidak berbentuk tulisan, tetapi berasal dari cerita dalam bentuk lisan. Hal ini dikarenakan masyarakat yang belum mengenal baca dan tulis, baru setelah masyarakat melayu mengenal baca tulis karya-karya itu dapat ditulis ke dalam naskah sastra melayu klasik. Salah satu ciri dalam karya ini adalah tidak adanya nama pengarang atau biasanya ditulis anonim.

Pembagian (Jenis-Jenis)

Berdasarkan bentuk dan jenisnya sastra melayu klasik dibagi ke dalam beberapa jenis, diantaranya adalah:

  • Gurindam

Gurindam adalah bentuk puisi atau pantun yang terdiri dari dua baris dengan irama akhir yang sama, biasanya menuliskan perihal sebab akibat seperti nasihat. Selain itu terdapat juga gurindam dua belas karya Raja Ali Haji dari Kepulauan Riau, yang bersisikan 12 pasal nasihat tentang kewajiban ibadah, kewajiban seorang raja, kewajiban orang tua, budi pekerti dan nasihat lainnya.

  • Hikayat

Hikayat adalah bentuk karya prosa yang berkisah tentang cerita, dongeng atau sejarah. Biasanya dalam hikayat menceritakan kisah kepahlawanan yang penuh kesaktian. Salah satu hikayat yang populer di Riau adalah Yong Dolah.

  • Karmina

Karmina adalah pantun kilat yang berisi dua baris yang biasanya berisi sindiran dan memiliki sajak a-a.

  • Pantun

Pantun merupakan puisi yang terdiri dari 4 baris dan memiliki sajak a-b-a-b, a-b-b-a, a-a-b-b. pantun adalah salah satu sastra melayu klasik yang paling berkembang hingga kini dan masih banyak digunakan oleh orang-orang sampai saat ini.

  • Seloka

Seloka adalah bentuk puisi melayu klasik yang berisi pepatah atau perumpamaan, biasanya seloka mengandung senda gurau, sindiran atau ejekan. Seloka terdiri dari 4 baris atau terkadang bisa lebih.

  • Syair

Syair adalah puisi yang terdiri dari 4 baris berirama aaaa, sampai sekarang masih terus berkembang dan banyak digunakan.

  • Talibun

Talibun adalah puisi lama seperti pantun tetapi memiliki baris lebih dari 4, ada yang berjumlah 6 baris hingga 20 baris, berirama abc-abc, abcd-abcd, abcde-abcde

Ciri-ciri  dan Tema Khas

Selain itu terdapat beberapa unsur dan ciri-ciri karya sastra melayu klasik, diantaranya adalah:

  1. Tema atau ide yang diangkat biasanya berkisah tentang nasihat, cinta, agama dan perjuangan.
  2. Terdapat pesan atau amanat yang ingin disampaikan pengarang kepada pembacanya.
  3. Gaya bahasa yang klasik dan khas melayu klasik tidak berubah sampai sekarang merupakan ciri yang paling kental dalam karya sastra melayu klasik.

Contoh Hikayat Sastra Melayu Klasik – Hang Tuah

Untuk lebih memperjelas tentang contoh sastra melayu klasik, ada baiknya untuk mendownload dua buah file berikut ini. Yang pertama, PDF singkat tentang Hikayat  Hang Tuah :

Contoh Hikayat Sastra Melayu Klasik

Click Here to Download Now!

Dan download juga presentasi studi ilmiah tentang hikayat Hang Tuah di bawah ini :

Presentasi Sastra Melayu Hikayat Hang Tuah

Click Here to Download Now!

Contoh Hikayat Sastra Melayu Klasik – Prolog

Demikian penjelasan singkat mengenai contoh hikayat sastra melayu klasik dan juga contohnya yang dapat Anda download. Kami harap artikel kali ini bermanfaat untuk Anda.

Artikel Yang Terkait Lainnya :

 

Tags : contoh hikayat, sastra melayu klasik, contoh hikayat sastra melayu klasik, hikayat melayu klasik, karya sastra melayu klasik Posted on 18-Jan-2012 in Tips Umum (Non-IT)
Download File Islami
RSS Tanya Jawab Islam
Kategori Artikel
Artikel Umum
Our Network
Beli Herbal Nabawi