Download Islamic Files – IT and General Tips

Definisi dan Contoh Globalisasi di Indonesia

# Definisi dan Contoh Globalisasi di Indonesia

Definisi dan Contoh Globalisasi di Indonesia – Prolog

Kata globalisasi kini semakin sering kita dengar. Istilah ini bagi beberapa kelompok dianggap mengerikan dan membawa dampak buruk, tapi dianggap sebaliknya oleh kelompok lain yakni membawa perubahan yang membahagiakan dan menjanjikan kesejahteraan. Pada dasarnya keduanya benar karena setiap hal di dunia ini memiliki 2 kemungkinan dan 2 sifat, positif negatif dan kebaikan keburukan serta kelebihan dan kekurangan. Kesemuanya itu dapat kita tentukan apakah akan lebih banyak manfaat atau sebaliknya sesuai dengan sikap yang kita ambil.

Definisi Contoh Globalisasi Indonesia

Ide utama dari globalisasi itu sendiri adalah meletakkan kekuasaan pada satu tempat yang sama tanpa dibatasi baik itu negara atau yang lainnya. Globalisasi didefinisikan sebagai sebuah proses penyebaran unsur baru terutama terkait dengan informasi secara mendunia melalui berbagai media baik cetak maupun elektronik. Istilah globalisasi ini pertama kali dipergunakan oleh Theodore Levitt pada tahun 1985 yang secara khusus menunjuk pada politik ekonomi terutama perdagangan secara bebas tak terbatas. Istilah ini terkait dengan peningkatan ketergantungan antarbangsa dan antar-individu baik di bidang perdagangan, perjalanan, investasi, budaya dan interaksi lainnya dimana batas antarnegara menjadi semakin sempit. Globalisasi dianggap sebagai sebuah proses interaksi antarbangsa ataupun antar individu yang melewati batas lintas negara.

Contoh Globalisasi di Indonesia  dan Dunia

Pada dasarnya globalisasi ini memiliki sifat yang hampir sama dengan internasionalisasi sehingga seringkali dianggap sebuah istilah yang sama dan dipergunakan saling bertukar satu sama lain. Akan tetapi beberapa pihak menggunakan istilah globalisasi ini lebih pada keterkaitannya dengan berkurangnya batas dan peran negara.

Secara asal kata, globalisasi berasal dari kata global yang memiliki makna universal. Definisi globalisasi sendiri masih simpang siur dan belum ada standar definisi tergantung pada sisi mana orang melihat globalisasi itu sendiri. Beberapa orang memandang globalisasi sebagai sebuah proses sosial, beberapa lain menganggap globalisasi sebagai sebuah proses sejarah, dan beberapa lagi menganggapnya sebagai sebuah proses yang kelak membawa bangsa di seluruh dunia saling terikat satu sama lain dengan menyingkirkan batas geografis, budaya dan ekonomi.

Globalisasi di sisi lainnya adalah sebuah istilah yang dilemparkan oleh negara adikuasa sehingga wajar apabila beberapa pihak memandang sebelah mata dengan istilah ini sebagai sebuah upaya penaklukkan dunia agar berada dalam satu kekuasaan yang dipegang oleh negara adikuasa tersebut sementara negara lainnya menjadi budak mereka secara langsung ataupun tidak langsung, disadari atau tidak disadari. Dari sudut pandang inilah globalisasi dianggap sebagai sebuah kapitalisme paling mutakhir. Negara adikuasa tersebut akan mengendalikan perekonomian dunia bahkan di bidang lain seperti budaya dan agama.

Contoh Perubahan Karena Globalisasi

Semakin berkembangnya fenomena globalisasi di dunia nampak pada ciri berikut,

  • Perubahan dalam hal ruang dan waktu. Perkembangan teknologi beserta alat-alatnya turut serta dalam berkembangnya globalisasi baik dari segi komunikasi maupun pergerakan massa sehingga kita dimungkinkan dapat melihat dan merasakan budaya berbeda dalam proses yang singkat.
  • Saling ketergantungan pasar dan produksi ekonomi diakibatkan oleh adanya pertumbungan perdagangan internasional, peningkatan pengaruh perusahaan multinasional dan dominasi organisasi internasional.
  • Meningkatnya interaksi kultural melalui berbagai media massa seperti televisi dimana kita dapat dengan segera memperoleh berbagai gagasan dan pengalaman baru secara lintas batas budaya contohnya di bidang fashion, makanan dan lain sebagainya.
  • Masalah bersama yang terus meningkat seperti krisis multidimensi, lingkungan hidup, inflasi dan lain sebagainya.

Teori Seputar Globalisasi

Terdapat tiga posisi teoritis yang dapat kita perhatikan kaitannya dengan hal ini, yakni:

  • Globalis
    Kelompok ini percaya bahwa globalisasi memberikan konsekuensi nyata mengenai bagaimana individu dan kelompok/organisasi dunia berjalan. Mereka percaya bahwa hal-hal yang bersifat lokal dapat hilang seiring adanya globalisasi. Kelompok globalis ini terbagi lagi menjadi 2 kelompok dalam penyikapannya terhadap konsekuensi proses yakni:
    Globalis positif yang optimis menanggapi perkembangan globalisasi secara baik dan mampu menghasilkan masyarakat dunia yang toleran. Globalis pesimis justru berpendapat bahwa globalisasi merupakan fenomena negatif dan beberapa dari kelompok ini membentuk kelompok sendiri yang menentang globalisasi.
  • Tradisionalis
    Berbeda dengan kelompok sebelumnya, kelompok ini sama sekali tidak percaya bahwa globalisasi tengah terjadi. globalisasi dianggap sebagai sebuah mitos dan terlalu dibesar-besarkan. Hal ini dikarenakan mereka menganggap globalisasi sebagai nama lain kapitalisme yang memang sudah terjadi sejak lama bertahun-tahun lalu.
  • Transformasionalis
    Kelompok ini bisa dianggap sebagai kelompok moderat yakni kelompok yang berada diantara kedua kelompok yang sudah disebutkan sebelumnya. Kelompok ini berpendapat bahwa memang pihak globalis terlalu berlebihan sementara kita juga tak dapat menyangkal keberadaan konsep globalisasi.

Contoh Perubahan Karena Globalisasi

Untuk Anda yang memerlukan contoh makalah / essay tentang organisasi, silakan download di sini :

Download : Klik Pada Link

Definisi dan Contoh Globalisasi di Indonesia – Penutup

Perubahan masyarakat sendiri sudah terlihat. Masyarakat kita dapat melakukan perniagaan melintasi negara tanpa harus kesulitan. Pertukaran pelajar dan perubahan sudut pandang masyarakat pun telah banyak kita dapati. Maka sekali lagi sikap kita lah yang menentukan konsekuensi globalisasi.

Artikel Yang Terkait Lainnya :

 

Tags : contoh globalisasi, globalisasi di indonesia, contoh globalisasi di indonesia, globalisasi, contoh-contoh globalisasi Posted on 27-Jan-2012 in Tips Umum (Non-IT)
Download File Islami
RSS Tanya Jawab Islam
Kategori Artikel
Artikel Umum
Our Network
Beli Herbal Nabawi