Download Islamic Files – IT and General Tips

Contoh Essay (Esai) Singkat

# Contoh Essay (Esai) Singkat 

Contoh Essay (Esai) Singkat – Prolog

Essay (Esai). Istilah ini didefinisikan sebagai sebuah tulisan yang berisi gambaran opini penulis essay (esai) itu sendiri mengenai sebuah permasalahan atau subyek tertentu yang memang sengaja ia coba nilai. Essay (Esai) juga diartikan sebagai sebuah karangan prosa yang isinya membahas sebuah masalah secara sepintas menurut sudut pandang si penulis.

Sebagaimana dapat disimpulkan dari definisi yang dimiliki essay (esai), maka essay (esai) sendiri dapat memiliki bentuk formal ataupun bentuk non formal. Essay (esai) yang bersifat non formal biasanya mempergunakan bahasa yang lebih lugas dan bahasa percakapan. Bentuk sapaan yang biasa dipergunakan adalah orang pertama “saya” sehingga seolah penulis sedang berbincang langsung dengan pembacanya. Sementara esai yang bersifat formal biasanya mempergunakan kata dan kalimat yang baku. Bahasanya lebih serius dengan sangat memperhatikan syarat penulisan.

Sebuah essay (esai) biasanya dibagi menjadi 3 bagian, yakni:

  • Bagian pendahuluan
    Isi dari pendahuluan adalah latar belakang pembahasan essay (esai) yang kemudian memberikan identifikasi subyek pembahasan dan pengantar mengenai subyek yang akan dinilai pada esai yang anda buat
  • Tubuh essay (esai)
    Pada bagian ini tertuang keseluruhan informasi mengenai subyek pembahasan
  • Bagian akhir
    Bagian akhir ini berisi kesimpulan mengenai essay (esai), menyebutkan kembali ide pokok pembahasan, ringkasan, dan bila perlu menambahkan beberapa penelitian mengenai subyek yang anda nilai pada esai

Langkah / Tata Cara Membuat Essay (Esai)

Sementara langkah yang harus anda lakukan dalam membuat essay (esai) adalah sebagai berikut,

  1. Pertama tentu saja tentukan tema alias topik yang akan menjadi rujukan utama essay (esai) yang anda buat
  2. Buat outline alias rancangan garis besar ide pembahasan yang akan ditulis
  3. Tuliskan pendapat anda sebagai penulis dalam beberapa kalimat singkat tapi jelas
  4. Tulis tubuh alias isi. Langkah pertama dari langkah ini adalah memilah poin penting yang akan anda bahas. Setelah itu buat subtema pembahasan guna mempermudah pembaca memahami tujuan gagasan yang anda usung lalu kembangkan subtema tersebut sehingga menjadi lebih luas dan lebih rinci membahas subtema yang anda buat.
  5. Buatlah paragraf awal sebagai pendahuluan. Pada paragraf ini yang perlu anda tulis adalah alasan atau latar belakang penulisan essay (esai).
  6. Tuliskan kesimpulan Anda. Hal ini penting dalam membentuk opini pembaca. Dalam essay (esai) anda dapat saja berat sebelah dan bersikeras pada pendapat anda karena untuk tujuan inilah essay (esai) dibuat. Beda halnya dengan media masa atau lainnya yang memang diharuskan bersikap netral dalam karya tulisnya.
  7. Berikan sentuhan akhir yang cantik tapi tegas dan lugas sehingga pembaca mampu mengambil manfaat dari esai yang anda tulis secara mudah dan sistematis. Hal ini juga penting dalam membentuk kerangka berpikir yang utuh pada diri pembaca.

Pastikan anda juga menentukan siapa audiens yang anda bidik karena tidak semua orang dapat anda bidik dengan satu esai saja. Hal ini nantinya akan menentukan pula bahasa yang akan anda pergunakan. Jangan menunda-nunda pembuatan , tentukan waktu yang anda butuhkan dan anda targetkan untuk menyelesaikannya sebelum anda menyesal di kemudian hari jika ternyata tulisan anda sudah tidak sesuai lagi dengan zaman.

Dalam membuat essay (esai) anda pasti perlu referensi. Referensi ini dapat anda peroleh dari berbagai sumber sesuai topik anda seperti dosen anda, perpustakaan, buku, dan lain sebagainya. lakukan riset untuk semakin mendukung dan mempertajam ulasan anda. Tulis karya Anda dalam berbagai macam kalimat aktif dan pergunakan kutipan dalam mendukung pandangan yang anda tuliskan. Anda juga perlu melakukan pembuktian pendapat di setiap poin secara berkesinambungan dari pertama hingga akhir agar anda fokus. Bila perlu, review dan tulis ulang essay (esai)anda sebelum anda menyebarkannya kepada khalayak umum.

Download Beberapa Contoh Essay (Esai)

Untuk membantu mempermudah Anda mengenal tentang contoh cara menulis Essay (Esai), silakan download contoh-contoh berikut ini :

Download Contoh Essay (Esai) : Wireless Security

islam-download.net/…/…/contoh-essay-wireless-security.pdf

Download Contoh Essay (Esai) : Manajemen Autentifikasi

islam-download.net/…/…/contoh-essay-manajemen-autentifikasi.pdf

Contoh Essay (Esai) Singkat – Penutup

Demikian sekilas yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat.

Artikel Yang Terkait Lainnya :

 

Tags : contoh esai, contoh esai singkat, contoh essai, contoh esai yang baik, esai Posted on 27-Jan-2012 in Tips Umum (Non-IT)
Download File Islami
RSS Tanya Jawab Islam
Kategori Artikel
Artikel Umum
Our Network
Beli Herbal Nabawi