Download Islamic Files – IT and General Tips

Cara Menyusun Skripsi

# Skripsi adalah tugas akhir bagi mahasiswa perguruan tinggi. Pertanyaannya : bagaimana cara menyusun skripsi yang baik? Apa yang harus diperhatikan? Detailnya silakan dibaca di bawah.

Cara Menyusun Skripsi – Prolog

Saat ini hampir setiap institusi pendidikan tinggi  (baik di dalam negeri maupun luar negeri) memiliki kebijakan untuk memberikan  beban studi  khusus sebagai syarat seorang mahasiswa telah menyelesaikan studinya, yaitu tugas Akhir. Di Indonesia tugas akhir untuk setiap jenjang memiliki istilah yang berbeda-beda, Skripsi untuk tingkat Strata 1, Tesis untuk tingkat Strata 1 dan Disertasi untuk tingkat Strata 1.

Menyusun skripsi  merupakan persyaratan mutlak untuk mendapatkan status sarjana (S1) baik di  Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia. Skripsi merupakan karya tulis ilmiah resmi yang dihasilkan dari proses penelitian untuk  membahas suatu permasalahan tertentu. Kewajban membuat  Skripsi  dilakukan untuk dapat  menggambarkan kemampuan akademik mahasiswa dalam memadukan pengetahuan dan ketrampilannya untuk dapat memahami, menganalisa, merancang, mengimplementasikan, mengevaluasi hingga menyusun laporan penelitian dalam bentuk tertulis dan dilakukan secara mandiri sesuai dengan bidang keilmuan yang diambilnya.

Selama proses menyusun skripsi, setiap mahasiswa akan didampingi dan dibimbing oleh dua orang pembimbing yang bertindak sebagai dosen pada perguruan tinggi tersebut. Adapun tugas pembimbing skripsi antara lain memberikan arahan mengenai rumusan penelitian, sistematika  materi yang diangkat, menelaah dan memberikan rekomendasi mengenai  prosedur harus digunakan, hingga memberikan persetujuan akhir untuk mengikuti sidang skripsi.  Setiap perguruan tinggi memiliki ketentuan penulisan skripsi yang pada umumnya tidak jauh berbeda dengan perguruan tinggi yang lainnya.

Cara Menyusun Skripsi – Langkah

Berikut ini adalah prosedur mahasiswa dalam menyusun skripsi, antara lain :

  • Mahasiswa dinyatakan telah menempuh minimal sks yang ditentukan dan dinyatakan telah lulus untuk semua matakuliah utama dan pilihan.
  • Mahasiswa telah mengambil dan mengikuti mata kuliah Metodologi Penelitian dan atau mata kuliah sejenisnya
  • Mahasiswa dinyatakan telah selesai mengikuti kegiatan Kerja Praktek dan sejenisnya
  • Mahasiswa wajib mengontrak mata kuliah skripsi
  • Mahasiswa mengajukan judul skripsi
  • Mahasiswa mengajukan draft proposal skripsi
  • Mahasiswa  melakukan seminar proposal skripsi
  • Setelah dinyatakan lolos dari seminar, Mahasiswa dapat mendaftarkan diri untuk  penyelesaian skripsi lebih lanjut
  • Mahasiswa melaksanakan penelitian selama batas waktu yang telah direncanakan
  • Mahasiswa melakukan proses bimbingan skripsi sebelum, saat penelitian dan setelah proses penelitian berakhir.
  • Setelah penulisan skripsi selesai, mahasiswa diuji hasil tulisan dari penelitian karya ilmiahnya tersebut pada proses pra sidang/ pra pendadaran atau sejenisnya oleh masing-masing pemimbing (biasanya melibatkan kedua pembimbing).
  • Setelah dianggap sesuai, dan layak oleh Pembimbing I dan Pembimbing II skripsi yang telah rampung diberikan persetujuan untuk diuji di sidang akhir.
  • Setelah melewati proses sidang, naskah skripsi (biasanya) harus melewati proses revisi untuk menyempurnakan status kelulusan sidang mahasiswa.

Menyusun Skripsi

Cara Menyusun Skripsi – Skripsi Khusus

Khususnya bagi mahasiswa yang mengambil bidang ilmu kependidikan dan bidang kesehatan, prosedur penulisan skripsi diatas pada dasarnya hampir sama namun yang membedakan hanyalah jenis penelitiannya yang difokuskan pada eksplorasi rumusan dan pemecahan masalah pada bidang pendidikan dan elemennya seperti sekolah, siswa, guru dan lain sebagainya, begitu pun halnya pada bidang kesehatan yang berfokus pada pemecahan masalah kesehatan dan elemen pendukung lainnya.

Saran terakhir dari kami, bersungguh-sungguhlah dalam mengerjakan skripsi Anda, dan usahakan mendapat nilai A atau minimal B. Skripsi biasanya memiliki bobot SKS yang besar, sehingga nilai skripsi yang Anda dapatkan akan sangat mempengaruhi IPK yang Anda dapatkan di akhir kuliah.

Semoga penjelasan tentang cara menyusun skripsi kali ini dapat membantu Anda dalam penyelesaian skripsi. Selamat mengerjakan dan semoga sukses.

Artikel Yang Terkait Lainnya :

 

Tags : judul skripsi pendidikan, skripsi pendidikan, contoh proposal skripsi, contoh skripsi pendidikan, judul skripsi Posted on 07-Nov-2011 in Tips Umum (Non-IT)
Download File Islami
RSS Tanya Jawab Islam
Kategori Artikel
Artikel Umum
Our Network
Beli Herbal Nabawi