Download Islamic Files – IT and General Tips

Cara Membuat Hantaran Pernikahan

# Bagaimana cara membuat hantaran pernikahan?

Cara Membuat Hantaran Pernikahan – Prolog

Hantaran pernikahan. Pernah mendengar istilah ini? Mungkin beberapa diantara anda pernah mendengarnya dan beberapa diantara belum pernah mendengarnya. Hantaran pernikahan ini biasanya identik dengan bawaan yang diberikan oleh pihak calon mempelai pengantin pria untuk calon mempelai pengantin pria dan dibawa saat akad akan dilaksanakan. Di tatar sunda dikenal dengan istilah “seserahan”.

Cara Membuat Hantaran Pernikahan

Pada beberapa masyarakat menganggap semakin banyak hantaran yang dibawa menandakan bahwa kedua belah pihak semakin dihormati dan disegani sehingga tak jarang barang yang dibawa jika ternyata sedikit, akan dibagi-bagi per satu item. Jika memberikan 2 pasang sepatu, maka akan dibagi menjadi 2 tempat hantaran berisi masing-masing 1 pasang sepatu dan sebagainya. hal ini sah-sah saja akan tetapi perlu diingat bahwa yang penting adalah keikhlasan pihak yang memberi dan menerima agar pernikahan menjadi semakin berkah. Tidak melulu memperhatikan apa kata orang mengenai hal tersebut.

Contoh Cara Desain Hantaran Pernikahan

Untuk Anda yang butuh contoh tampilan kotak hantaran pernikahan yang baik, berikut beberapa di antaranya :

Contoh Hantaran Pernikahan #1

 

Contoh Hantaran Pernikahan #2

Sumber Gambar : http://goo.gl/O7pik, 09 Januari 2012

Aspek Penting Dalam Membuat Hantaran Pernikahan

Berikut adalah hal yang perlu anda perhatikan saat membuat hantaran pernikahan.

  1. Tidak berlebihan dalam penambahan aksesoris pada hantaran. Fokuskan pada hantaran dan isi hantaran itu sendiri karena dengan adanya aksesoris yang berlebihan justru menjadikan hantaran tak terlalu tampil menarik. Kenapa? Dengan aksesoris yang berlebihan, justru penampilan aksesoris itu yang lebih terasa menonjol.
  2. Penambahan aksesoris wadah hantaran pernikahan dapat diberikan dengan pita sederhana baik dari bahan kain, pita bahan satin, pita jepang ataupun pita organdi dan sebagainya.
  3. Aksesoris dapat diletakkan di bagian luar. Sederhana saja. Untuk urusan pengemasan anda dapat memanfaatkan perekat doble side (double tip) yang direkatkan dengan plastik pengemas. Atau jika tidak ada anda dapat menggunakan plester bening.
  4. Sebagai alat bantu kreasi, anda dapat pula menggunakan jarum pentul sehingga anda dapat melakukan kreasi cantik dengan minimalisasi yang baik dan menghindarkan dari kerusakan bahan hantaran.
  5. Buatlah bentuk kreasi hantaran yang bermacam-macam. Semakin beragam dan unik tampilan hantaran pernikahan, maka akan semakin cantik.
  6. Pastikan anda menyesuaikan bentuk wadah hantaran dengan isi hantaran guna menghindarkan ketimpangan antara bentuk wadah dengan isi hantaran. Isikan isi hantaran yang besar ke wadah hantaran yang juga besar. Begitu pula sebaliknya, wadah yang kecil diisi dengan isi hantaran yang sesuai. Apabila terdapat ruang kosong pada wadah hantaran setelah diisi isi hantaran,kreasikan dengan mengisi hiasan aksesori yang memiliki tema serupa dengan isi hantaran.
  7. Dalam hal pengemasan wadah hantaran, anda dapat menggunakan plastik pembungkus yang siap pakai. Anda dapat pula menggunakan plastik kado yang tersedia bebas di pasaran. Pengemasan ini berfungsi selain untuk mempercantik tampilan wadah hantaran, juga untuk melindungi isi hantaran agar tidak mudah terkena debu dan kotoran lainnya. Terdapat berbagai jenis plastik yang juga dapat anda pergunakan sebagai lapisan pembungkus kemasan wadah hantaran yakni plastik tipis motif (beberapa diantara kita mengenalnya sebagai plastik kado), plastik tipis polos, dan plasti tebal polos. Usahakan pergunakan plastik polos atau plastik tipis motif dalam mempercantik dan melindungi hantaran.

Membuat Ukuran Tepat Hantaran Pernikahan

Selain hal-hal yang harus anda perhatikan di atas, anda perlu juga memperhatikan hal berikut dalam memilih bentuk dan ukuran wadah hantaran pengantin.

  1. Tentukan terlebih dahulu bahan wadah hantaran yang akan anda pergunakan. Di pasaran terdapat dua macam bahan wadah hantaran pernikahan yakni terbuat dari rotan dan terbuat dari bahan kertas semen. Di beberapa penyedia jasa rancang hantaran pengantin, wadah hantaran yang disediakan biasanya berbahan kertas semen. Wadah hantaran berbahan kertas semen sendiri merupakan bahan wadah hantaran yang paling banyak tersedia.
  2. Jika anda mempergunakan wadah hantaran dengan bahan rotan dan anda tidak menghiasnya, setelah anda melakukan pengemasan anda dapat mempercantik tampilannya dengan menambahkan aksesoris renda yang dipadupadankan dengan karet elastis.
  3. Catat ukuran yang diperlukan yang sudah disesuaikan dengan ukuran-ukuran isi wadah yang akan menjadi isi hantaran pengantin. Hal ini guna mengefektifkan penggunaan wadah hantaran.

Cara Membuat Hantaran Pernikahan – Penutup

Biasanya wadah hantaran yang tersedia di pasaran sudah dihias sederhana sehingga anda cukup memilihnya, menyesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan. Anda hanya perlu melakukan sedikit modifikasi kreatif agar lebih menarik. Demikian bahasan mengenai hantaran pernikahan. Semoga bermanfaat.

Artikel Yang Terkait Lainnya :

 

Tags : hantaran pernikahan, cara membuat hantaran pernikahan, hantaran, hantaran pengantin, cara membuat hantaran Posted on 09-Jan-2012 in Tips Umum (Non-IT)
Download File Islami
RSS Tanya Jawab Islam
Kategori Artikel
Artikel Umum