Download Islamic Files – IT and General Tips

Cara Membuat CV (Curriculum Vitae)

# Bagaimana cara membuat CV (Curriculum Vitae) yang baik dan benar? Berikut beberapa tips yang bisa Anda pakai untuk membuat CV yang baik dan benar.

Cara Membuat CV (Curriculum Vitae) – Prolog

Jika anda sedang mencari pekerjaan, maka salah satu hal terpenting adalah bagaimana caranya ‘menjual’ diri anda dan meyakinkan bahwa anda yang terbaik dan layak diterima di perusahaan yang bersangkutan – dan semua itu dapat anda sajikan dalam Curriculum Vitae atau dikenal juga dengan CV. Mengenai nama CV itu sendiri, di Indonesia kita mengenal CV sebagai ‘daftar riwayat Hidup’. Sedangkan di beberapa negara lain, CV dikenal dengan sebutan ‘resume’. Hanya sebagai informasi saja, siapa tahu suatu hari nanti anda berencana pergi ke luar negeri dan bekerja disana.

CV itu layaknya sebuah iklan dimana di dalamnya anda harus membuat diri anda semenarik mungkin. Seorang rekan saya mengatakan bahwa anda harus sedikit narsis tapi tetap realistis. Karena itu, anjurannya adalah buatlah CV yang menarik dan layak dipertimbangkan oleh perusahaan yang bersangkutan – sehingga berikutnya anda akan masuk ke tahap wawancara kerja (job interview).

Bagaimana jika saya ingin melamar kerja tapi belum memiliki riwayat karir atau pengalaman kerja? Ini menarik. Hal ini biasanya terjadi pada anda yang baru lulus kuliah atau mungkin baru lulus SMA.

Sebenarnya, yang dikatakan sebagai pengalaman itu adalah semua hal yang pernah anda lakukan. Pada poin ini, mungkin sebagian orang akan berfikir mengenai pengalaman kerja. Tapi ternyata tidak selalu begitu. Ini adalah mengenai ketepatan anda dalam menggali nilai-nilai berharga dalam diri anda sendiri dan anda tonjolkan sebagai nilai jual, seperti kecerdasan emosional (Emotional Intelligence), kemampuan berkomunikasi, kepemimpinan, kedisiplinan, kreatifitas, tanggung jawab, visi-misi, integritas dan kejujuran, kemampuan untuk mengambil keputusan dan memecahkan masalah serta yang lainnya – dan inilah qualitas sebenarnya yang mereka cari.

Selain itu, anda juga bisa menambahkan mengenai minat atau hobi anda di bidang lainnya, seperti proyek yang pernah dikerjakan (di kuliahan atau sekolah), riwayat pekerjaan paruh waktu yang pernah dijalani, berbagai kegiatan sosial yang pernah diikuti, prestasi yang pernah dicapai dan yang lainnya. Oya, selain untuk melamar pekerjaan, poin-poin tersebut diatas juga sangat berguna ketika anda akan mengikuti seleksi program beasiswa.

Yah, mungkin anda memang belum memiliki riwayat karir atau pengalaman kerja, tapi anda dapat memberi ilustrasi dan membuktikan bahwa anda memiliki kualitas-kualitas tersebut atau kualitas yang sama seperti yang dimiliki oleh mereka yang telah berpengalaman – kualitas-kualitas menarik yang anda peroleh dan pelajari dari pengalaman hidup yang pastinya jika anda pintar-pintar menggali ‘value’ di dalamnya, akan menjadi sisi yang sangat menarik untuk dipertimbangkan oleh pihak perusahaan.

Cara Membuat CV (Curriculum Vitae) – Contoh CV

Berikut contoh CV (Curriculum Vitae) yang sederhana dan bisa Anda jadikan contoh singkat :

Cara Membuat CV (Curriculum Vitae) - Contoh

Cara Membuat CV (Curriculum Vitae) Untuk Bekerja di Luar Negeri

Sedikit review mengenai tips membuat CV bagi anda yang berencana bekerja di Luar Negeri,

- Yang perlu anda ketahui adalah bahwa format CV itu berbeda dari satu negara ke negara lainnya. Jangan samakan format CV bahasa Indonesia anda dengan format negara lainnya. oleh karena itu, hal pertama yang harus dilakukan adalah carilah informasi dan pelajari banyak hal mengenai format CV di negera tujuan.

- Sebagai contoh, Di negara jerman – anda akan terlihat lebih menarik jika anda lebih menonjolkan kualifikasi akademik anda daripada menonjolkan kegiatan ekstrakurikuler yang anda lakukan.

- Sedangkan untuk Amerika Serikat, anda cukup membeberkan detail kualifikasi diri anda dalam halaman CV yang panjang

Berikut adalah hal-hal yang harus ada dalam Curriculum Vitae anda:

Identitas diri
Untuk bagian ini, anda harus menuliskan identitas diri, seperti nama, alamat, tempat tanggal lahir dan informasi lainnya mengenai data diri anda secara lengkap. Sebagai catatan tambahan, sebaiknya pada bagian ini anda meminimalisir informasi-informasi yang tidak relevan atau kurang penting.

Pendidikan
Terdapat dua kategori untuk masalah pendidikan, yaitu formal dan informal. Untuk masalah urutan, sebaiknya anda mencantumkan pendidikan formal terlebih dahulu, baru setelah itu pendidikan non-formal.

Pengalaman kerja
Pada poin ini cantumkan pengalaman kerja anda secara singkat tapi jelas. Didalamnya mencakup jenis pekerjaan, pangkat, jabatan, periode kerja dan yang lainnya. Jangan lupa untuk menekankan sisi skill (keterampilan) serta prestasi kerja yang pernah anda capai. Sayangnya, tidak semua orang memiliki pengalaman kerja, karena mungkin beberapa diantara mereka ada yang baru lulus SMA atau baru selesai kuliah. Tapi anda tidak perlu khawatir, selanjutnya kami sajikan tips dan trik untuk mengatasi hal tersebut.

Sedangkan untuk masalah urutan, sebaiknya urutan diawali dari pekrjaan terakhir.

Pengalaman organisasi

Anda mungkin saja pernah mengikuti salah satu jenis organisasi bela diri. Tapi sepertinya kurang tepat jika anda mencantumkan hal tersebut di CV anda dengan tujuan melamar pekerjaan sebagai tenaga pengajar. Oleh karena itu, anjurannya adalah cukup cantumkan pengalaman organisasi yang relevan dengan jenis bidang pekerjaan yang anda lamar.

Referensi kerja
Poin ini berisi informasi mengenai orang yang yang dapat dihubungi oleh pihak perusahaan atau personalia untuk menanyakan berbagai informasi seputar diri anda – biasanya bos/atasan anda di tempat kerja sebelumnya.

Cara Membuat CV (Curriculum Vitae) – Penutup

Demikian beberapa tips yang perlu Anda lengkapi untuk membuat CV yang baik dan juga menarik. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Artikel Yang Terkait Lainnya :

 

Tags : cara membuat cv, contoh membuat cv, cara membuat cv lamaran kerja, cara buat cv, cara membuat curriculum vitae Posted on 25-Nov-2011 in Uncategorized
Download File Islami
RSS Tanya Jawab Islam
Kategori Artikel
Artikel Umum
Our Network
Beli Herbal Nabawi