Download Islamic Files – IT and General Tips

Cara Kerja Mesin Diesel

# Bagaimana cara kerja mesin diesel?

Cara Kerja Mesin Diesel – Prolog

Mesin diesel pertama kali ditemukan pada tahun 1892 oleh Rudolf Christian Karl Diesel, yaitu seorang sarjana mesin dari Jerman. Mesin diesel atau dikenal juga dengan sebutan mesin pembakaran kompresi merupakan sebuah mesin pembakaran internal yang menggunakan panas kompresi untuk melakukan pembakaran pada bahan bakar.

Cara Kerja Mesin Diesel

Perbedaan mendasar antara mesin diesel dan mesin bensin biasa adalah bahwa pada mesin diesel bahan bakar disemprotkan ke dalam ruang pembakaran melalui pipa injektor bahan bakar saat udara pada setiap ruang telah ditempatkan dibawah tekanan tinggi yang cukup panas untuk menyalakan bahan bakar secara spontan.

Untuk masalah kelebihan, mesin diesel jauh lebih kuat dari mesin bensin biasa karenanya mesin diesel banyak digunakan pada truk ato jenis kendaraan besar lainnya. Sedangkan untuk masalah efisiensi bahan bakar, mesin diesel juga ternyata lebih efisien dalam menyimpan bahan bakar dan pastinya lebih irit.

Langkah / Tata Cara Kerja Mesin Diesel

Berikut ini akan dijelaskan mengenai apa saja proses yang terjadi disaat anda menyalakan sebuah kendaraan bertenaga diesel :

Ilustrasi Cara Kerja Mesin Diesel

1. Saat mesin dihidupkan

Pada tahap pertama ini anda akan menunggu sampai mesin cukup panas. Kemudian bahan bakar akan diinjeksikan ke dalam silinder dibawah tekanan tinggi yang membuat udara dalam silinder memanas dengan sendirinya. Waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan tersebut sekitar 1.5 detik pada suhu normal.

2. Pompa bahan bakar akan mengantarkan bahan bakar dari tank bahan bakar ke mesin

Dalam perjalannya, bahan bakar ini akan melewati beberapa filter yang akan melakukan pembersihan sebelum bahan bakar tersebut sampai ke saluran injektor. Pemeliharaan filter itu sangat penting dalam mesin diesel karena jika terjadi kontaminasi bahan bakar dapat menyebabkan penyumbatan pada lubang-lubang kecil di saluran injektor.

3. Pompa injeksi bahan bakar akan menekan bahan bakar menuju ke tabung pengiriman

Tabung pengiriman ini nantinya akan menyimpan bahan bakar secara konstan di bawah tekanan tinggi 23.500 pon psi (per inci persegi) atau bahkan bisa lebih tinggi saat proses penghantaran bahan bakar ke setiap silinder. Sebagai informasi tambahan, tekanan injeksi bahan bakar mesin bensin biasa hanya mencapa 10 sampai dengan 50 psi. Kemudian injektor bahan bakar ini akan melakukan semprotan halus ke ruang pembakaran silinder melalui saluran yang dikontrol oleh mesin ECU (Engine Control Unit). ECU ini akan menentukan beberapa hal, seperti kadar tekanan, kapan harus dilakukan penyemprotan bahan bakar, berapa lama penyemprotan tersebut berlangsung serta hal lainnya.

Sistem bahan bakar diesel lainnya ada yang menggunakan hidrolik, wafer kristal serta metoda lainnya untuk mengontrol injeksi bahan bakar dan mengontrol hal lainnya. Sedangkan metode lainnya sedang dikembangkan – hal ini bertujuan untuk dapat menghasilkan mesin diesel yang lebih powerful, handal dan responsif.

4. Bahan bakar, udara dan ‘Api’ berkumpul di silinder

Sementara proses pada no 3 sedang belangsung, Pada waktu yang bersamaan berjalan juga proses yang lain. Pada diesel konvensional, udara masuk melalui pembersih udara yang mirip dengan yang ada di kendaraan bertenaga gas. Namun, turbocharger modern dapat mendorong volum udara yang lebih besar ke dalam silinder dan dapat memberikan tenaga yang lebih besar serta efisiensi bahan bakar dalam kondisi optimal. Turbovharger dapat meningkatkan meningkatkan daya pada kendaraan diesel sebesar 50 persen. Disamping itu, turbocharger juga dapat menurunkan konsumsi bahan bakar sebesar 20 sampai dengan 25 persen.

5. Pembakaran menyebar dari mulai bahan bakar yang ditempatkan dibawah tekanan di ruang pra-pembakaran ke bahan bakar dan udara di ruang pembakaran itu sendiri.

Selanjutnya terjadilah pergerakan mesin dikarenakan tekanan dan panas yang terkumpul di dalam mesin.

Cara Kerja Mesin Diesel – Penutup

Demikian sekilas tentang cara kerja mesin diesel yang dapat kami jelaskan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Artikel Yang Terkait Lainnya :

 

Tags : mesin disel, cara kerja mesin mobil, cara kerja mesin, cara kerja mesin disel, cara kerja mesin bensin Posted on 23-Jan-2012 in Tips Umum (Non-IT)
Download File Islami
RSS Tanya Jawab Islam
Kategori Artikel
Artikel Umum